Hujan ikan vs ikan di tanah kering.

Hujan ikan vs ikan di tanah kering.

Rekan mbah daur semua,ketika saya menulis tulisan ini kebetulan cuaca sedang hujan dan saya melihat beberapa anak kecil bermain sepak bola disebuah areal tanah kosong pesawahan yang belum lama di panen padinya.saya jadi teringat berpuluh tahun yang lalu ketika saya masih kecil sering mendengar bahwa air hujan itu sering membawa jatuh ikan hidup dari langit...

Rasa tidak percaya bahwa air hujan itu membawa ikan semakin menjadi jadi ketika saya dulu menemui sebuah tanah kosong yang pada waktu musim kering tanah tersebut tidak ada sumber air sama sekali,bahkan rumput aja mengering dan mati karena tidak ada sumber air disana,tapi mengapa hanya karena ada hujan sekali saja pada tanah kosong tersebut terdapat ikan-ikan yang hidup seperti tidak pernah terjadi kekeringan disana.

Belum lagi kali / sungai yang ada dibelakang persis rumah saya,hanya hitungan hari setelah hujan turun maka kita akan dapati ikan-ikan yang pada waktu belum turun hujan tidak muncul sama sekali,apakah benar kalau hujan itu membawa turun ikan dari langit..?

Atau mungkin ada pertanyaan seperti ini,apakah benar ada hujan ikan..?
Mbah Daur
ilustrasi hujan ikan

Fenomena hujan ikan.

Pada masa sekarang ini banyak sekali fenomena yang pernah terjadi tentang kejadian hujan ikan,bahkan lebih dari lima Negara yang pernah merasakan terjadinya hujan ikan tersebut seperti Negara srilanka,amerika serikat,Ethiopia bahkan di Indonesia sendiri konon pernah terjadi hujan ikan lele tepatnya daerah ponorogo.

Pernah gak kita membayangkan kita berada di suatu tanah lapang kemudian terjadi hujan ikan,gak tanggung-tanggung ikan yang jatuh itu ikan sejenis lele,kerapu atau bahkan ikan layaran yang banyak memiliki senjata-senjata tajam pada tubuhnya,udah gitu ikan yang turun saat hujan tersebut dengan bobot yang lumayan lumayan berat.

Kalau ikan yang turun pada saat terjadi hujan ikan tersebut masih normal berat ikanya mungkin sudah seperti berkah bagi masyarakat,tapi kalau ikan yang jatuh gede-gede kan repot juga,bisa-bisa malah mengakibatkan korban donk.

Tapi bener gak sich ada hujan ikan dari langit,mungkin kita perlu melihat dan membaca beberapa artikel dibawah ini :

Masyarakat umum serta para peneliti yang mencoba menguraikan fenomena hujan ikan, meyakini mengenai hujan ikan ini karena adanya proses penguapan dalam volume yang besar. Yaitu terjadinya tornado dalam ukuran yang kecil atau besar yang dapat terbentuk di darat, juga dapat diakibatkan oleh tornado yang tercipta di perairan, yang dikenal dengan sebutan waterspout. 

Kolom udara ini diperkirakan telah mengisap ikan-ikan serta hewan lainnya yang ada di air kemudian dibawa terbang hingga jatuh di tempat lain yang berjarak cukup jauh. Cuaca ekstrem mengisap ikan ke dalam badai yang kemudian dibawa oleh tiupan angin kencang dalam jarak yang cukup jauh. 

Hewan yang ikut terangkat karena tornado akan jatuh ke permukaan tanah sebagai hujan sesuai dengan berat hewan yang terbawa. Semakin berat hewan yang terbawa, kemungkinan hewan-hewan jatuh dalam jarak yang tak terlalu jauh semakin besar, begitu juga sebaliknya. 

Banyak ilmuwan percaya bahwa badai air (tornadic waterspout) adalah penyebab utama hujan ikan dan katak. Berdasarkan data dari Complete Weather Resource (1997), tornadic waterspout sebenarnya sama seperti tornado pada umumnya; tornadic waterspout mulai terbentuk di daratan tapi kemudian berjalan melewati permukaan air. Sebuah tornadic waterspout memang tidak sekuat badai angin; waterspout bisa berjalan sampai kecepatan 160 km per jam, sedangkan angin tornado bisa mencapai kurang lebih 500 km per jam.

Air yang terbawa akan mengikuti bentuk putaran (atau membentuk linkaran) dan menyembur hampir ke semua arah. Lingkaran air yang berada di posisi paling bawah di sebuah waterspout disebut cascade. Ketika mencapai tahap akhir pembentukannnya, waterspout akan berbentuk seperti terowongan dari atas ke bawah menuju permukaan air.

Dan masih banyak lagi pendapat para ahli tentang fenomena hujan ikan.

Ikan ditanah gersang.

Balik maning ka laptop,mengapa tanah yang semula kering dan gersang hanya dalam sekali terkena hujan langsung bisa muncul ikan,pertanyaanya apakah memang ikan tersebut turun dari langit pada saat turun hujan,atau ada rahasia lain.

Rahasia keberadaan ikan di tanah gersang seperti pesawahan yang sudah pernah mengering,kubangan atau lobang buat berendam kerbau,bahkan pernah terjadi ada ikan yang berada di dalam lobang kayu,seperti ini berita dan informasi yang bisa saya himpun dan saya simpulkan.

Pada saat musim penghujan ikan akan mengalamai suatu fase yang disebut mijah atau bertelur dimana fase sebelumnya adalah fase kawin,nah pada saat fase bertelur inilah ada sebagian jenis ikan yang meletakan atau menempatkan telurnya pada kedalaman lumpur,sementara sebagian ikan lainya menempatkan ikan pada ranting-ranting pohon dan daun.

Seiring waktu maka terjadilah kemarau dimana debit air sedikit demi sedikit berangsur habis,bahkan terkadang sampai dasar tanahnyapun ikut mengering,ketika kondisi seperti ini dapat dipastikan ikan yang berada diatasnya akan mati,kecuali jenis ikan tertentu yang bisa bertahan hidup dalam lumpur dan kedalaman tertentu.

Kembali lagi kemasalah telur ikan tadi,jika telur ikan yang ditempatkan pada ranting atau dedaunan maka resiko untuk mati karena kekurangan air sangat rentang sekali,berbeda dengan yang ditempatkan dibawah tanah atau dilumpur yang terdalam,maka telur tersebut akan terus bisa bertahan karena masih terdapat cuaca dingin didalamnya.

Nah pada saat musim kemarau berakhir dan hujan sudah kembali turun,memenuhi kolam-kolam,pesawahan,tanah lapang dsb maka telur-telur ikan yang ada di bawah lumpur akan serta merta naik kepermukaan dan kemudian menetas dan terbentuk ikan-ikan yang akan kembali kawin dan bertelur seperti generasi-generasi sebelumnya.

Selain telur yang masih hidup tersebut kemudian menetas,ada beberapa spesies ikan yang semula mengurung dirinya didalam lumpur tanah yang dalam,ketika hujan sudah mulai turun maka dia akan bergerak naik kepermukaan untuk mencari makan,dan tentu berkembang biak seperti generasi sebelumnya.
Mbah Daur
ikan hidup di lumpur

Jadi jangan kaget ketika kita menemui sebuah kolam,danau,dsb yang semula kering kerontang tetapi pada saat hujan turun ada terdapat ikan didalamnya,setelah membaca tulisan ini saya hanya mengajukan pertanyaan apakah percaya ikan-ikan yang ada di areal yang dulunya gersang berasal dari hujan,atau dari telur ikan yang sudah lama tersimpan didalam lumpur tanah,tapi semua itu tak luput dari satu hal yakni kuasa TUHAN Allah SWT.

Apa yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak..






Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 13.19

Tukang pompa angin keliling di citra raya tangerang.

Tukang pompa angin keliling di citra raya tangerang.

Rekan mbah daur semua,tambal ban keliling,jasa tambal panci keliling,tukang sol sepatu keliling,sampai tukan service jam dan payung keliling sudah sering sekali kita dengar dan juga melihatnya secara langsung,tapi mungkin masih belum pernah melihat sendiri tukang pompa angin keliling.

Kejadian ini saya rasakan sendiri beberapa minggu yang lalu pada saat ban motor saya kempis alias kurang angin,padahal bukan bocor penyebabnya ban motor saya kempis.

Saya pun menepikan motor saya untuk sekedar mengecek kenapa motor saya kok tiba-tiba oleng seperti bocor ban,ternyata benar ban motor depan saya kurang angin,sambil celingak-celinguk mencari tempat tambal ban terdekat untuk menambah angin.

Tiba-tiba saya dikejutkan ( cieee ) oleh sosok orang tua berambut putih dengan pakaian sedikit lusuh muncul tidak jauh dari saya mungkin beberapa tombak saja jaraknya..( hahaha bak cerita di wiro sableng aja ).intinya ada seorang bapak yang menghampiri saya dan ngomong : “ kenapa mas,ban motornya bocor ya “...?

Serta merta saya jawab nggak bocor sich pak Cuma kurang angin,..ookh kebetulan sini saya pompain..daan ternyata benar bapak tersebut membawa pompa tangan yang di ikat di boncengan sepedanya.

Singkat cerita pada hari itu saya tertolong oleh bapak tersebut yang ternyata berprofesi sebagai pompa angin keliling,hanya bermodalkan uang dua ribu rupiah saja saya pun dapat dengan aman melanjutkan perjalanan kembali.

Jujur awalnya saya tidak memperhatikan bapak tersebut juga dengan profesi yang ditekuninya sebagai tukan pompa angin keliling,tapi beberapa hari setelah kejadian itu saya ketemu lagi dengan bapak tersebut dan anugerah Allah saya sempat bisa mengobrol dengan bapak tersebut.

Saya tidak bisa menceritakan dengan detail isi obrolan saya dengan beliau,hanya yang bikin saya terharu adalah sikap kerja keras tak kenal lelah dan malu itulah yang membuat saya seperti malu dengan diri saya sendiri.

Demi menghidupi keluarganya dia rela menjadi seorang tukang pompa angin keliling yang menurut saya penghasilan jauh dari memadai,belum lagi dia harus bersaing dengan teknologi dan kemajuan zaman yang menggerus alat yang dia pakai.

Bayangkan dia harus memompa ban motor dengan pompa angin sederhana,dalam keadaan yang sudah mulai uzur,kita saja ketika diminta untuk memompa bola atau sepeda anak kita dengan pompa tangan seperti itu sudah marah gak karu2an,lebih memilih dibawa ketukang tambal ban.

Tapi tidak bapak tersebut,dengan ikhlas dan tenaga yang dipaksakan dia jalani profesinya tersebut,demi anak dan keluarga tercinta,untuk episode kali ini saya belum bisa lampirkan foto beliau,saya jani di episode berikutnya akan saya abadikan hal tersebut.

Semoga bapak tukan pompa angin keliling yang ada di citra raya tersebut diberi kekuatan,kesehatan,ketabahan serta rizqi yang berlimpah,amiiin,bagi rekan mbah daur semua yang kebetulan lewat dan melihat sosok yang saya ceritakan tersebut,bantulah mungkin ban motor kalian aslinya tidak kurang angin,tapi pura-pura untuk tambah angin dan berilah imbalan sepantasnya,karena saya pernah mencoba berbagi rejeki dengan beliau tapi di tolak karena saya tidak nambah angin makanya dia gak mau gratisan..

Hmmmm.

Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 21.13

Asal muasal pasar burung di curug tangerang.

Asal muasal pasar burung di curug tangerang.

Rekan mbah daur semua terutama yang hoby memelihara burung khususnya daerah tangerang dan sekitarnya pasti sudah mengenal tentang adanya pasar burung di daerah curug tepatnya dekat pasar curug yang semakin tahun semakin ramai pengunjungnya terutama pada hari minggu atau hari libur nasional

Saya sendiri selaku penggemar burung kicau tak luput dari aktifitas dipasar burung curug tersebut.perkenalan saya dengan pasar burung curug tersebut berawal dari keinginan saya membuat sangkar atau kurungan burung kenari milik saya.

Setelah melakukan pencarian ketoko – toko sekitaran bitung dan citra raya bahan yang saya cari ternyata lumayan susah untuk didapatkan,sampai suatu kesempatan ada seorang pedangan makanan burung memberi informasi bahwa untuk mencari bahan tersebut coba saja datang kepasar burung yang di curug,disana pasti tersedia.

Singkat cerita pada hari minggu kuturut ayah kekota..hlo kok malah nyanyi..maksud saya pada hari minggu saya sambangi pasar burung curug tersebut dan ternyata eh ternyata mudah sekali mendapatkan material dan bahan-bahan untuk membuat sangkar alias kurungan burung.
Mbah Daur
pasar burung curug tangerang

Asal muasal pasar burung curug.

Melihat aktifitas yang ada pada hari minggu tersebut yang sangat ramai sekali,baik ramai oleh calon pembeli,pedagang atau orang-orang yang hanya cuci mata untuk melihat-lihat siapa tau ada burung kesukaanya yang sedang dicari.maka saya sempat muncul pertanyaan sejak kapan lapangan sepakbola ini berubah menjadi pasar burung..?

Karena setahu saya pada awal-awal saya merantau ketangerang tepatnya awal tahun 2000an,tempat tersebut adalah lapangan sepakbola,saya sendiri pernah merasakan merumput disana pada sebuah kompetisi antar klub,kok sekarang sudah beralih fungsi menjadi lapangan burung ya..hmmmm

Memang dulu pada sudah ada aktifitas jual beli hewan,misalnya ayam,bebek bahkan terkadang ular dan biawak serta tak luput juga para penjual ikan,baik ikan hias maupun ikan bahan untuk lauk,tapi itu hanya pada hari minggu pagi saja,dan itupun hanya di pinggiranya saja.

Dulu meski sudah ada aktifitas jual beli hewan dilapangan tersebut tapi fungsi lapangan sepakbola masih terjaga,misalnya pada sore hari masih banyak aktifitas bermain bola disana.karena pada dasarnya pembuatan dan peresmian lapangan tersebut memang diperuntukan untuk sarana olahraga bagi warga sekitar.

Pasar segala ada.

Perubahan fungsi lapangan sepakbola sebagai saran olahraga ternyata tidak terhenti oleh aktifitas penjual burung saja,tetapi sekarang hampir segala komoditi terjual disana,mulai dari jual beli batu akik,jual beli ikan hias,jual beli ramuan tradisional sampai jual beli antena tv pun tersedia disana.

Semrawut memang kalau kita perhatikan,belum lagi hilir mudik para pedagang asongan yang menjajakn rokok dan minuman,ada juga pedagang sempritan ( peluit ) untuk memancing suara burung tertentu,tapi inilah ciri khas dari sebuah pasar burung dan juga pasar segala ada.

Miris jika kita mengingat nasib lapangan sepakbolanya tapi jujur ada kebanggan tersendiri jika acuanya tangerang memiliki pasar burung yang tidak kalah tenar dengan pasar burung pramuka yang berada di jakarta.

Dalam akhir tulisan ini saya berharap eksistensi dan kebaradaan pasar burung curug ini dapat terus berkembang pesat,tapi disisi lain saya juga berharap fungsi dari lapangan sepakbolanya dapat dikembalikan lagi seperti fungsi dan tujuan awal.

Mungkin pemerintah perlu mencari solusi penempatan pasar burung curug ini kesuatu tempat yang jauh lebih mendukung,tanpa harus menghilangkan fungsi lapangan sepakbolanya.

Mbah Daur
pasar burung curug tangerang

Ohya sekedar informasi kalau pasar burung curug ini memiliki hari-hari tertentu yang ramai sekali pengunjungnya yakni pada hari rabu dan hari minggu,mulai dari jam 6 pagi sampai hampir sore aktifitas dipasar burung curug ini ramai sekali.jadi bagi rekan-rekan penghobi burung silahkan datang dan borong keperluan pemeliharaan burung disana..

Sekian.

Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 21.53

Tips memilih baju koko.

Tips memilih baju koko.

Rekan mbah daur semua,sebelum kita membahas tips memilih baju muslim ( koko ) saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah ramadhan 1438H bagi kaum muslimin yang menunaikanya.

Ada beberapa persiapan dalam menghadapai bulan suci ramadhan dan juga hari raya idhul fitri,salah satunya adalah pemilihan pakaian muslim,misalnya sarung,baju gamis atau koko,nah kali ini mbah daur ingin coba berbagi tips dan trik memilih baju koko agar kenyamanan dan kekhusyu’an ketika dipakai ibadah tidak terganggu.

Tips dan trik memilih baju koko.

Mbah Daur
Tips memilih baju koko.

  • Pilihlah bahan baju koko muslim yang berasal dari katun, terutama jika ingin sering digunakan untuk seharian, agar nyaman dipakai. 
  • Akan lebih baik memilih baju koko yang sesuai dengan karakter anda, misalnya dari segi warna, sesuaikan dengan warna kesukaan anda, supaya lebih sinkron yaitu menyesuaikan dengan warna kulit. 
  • Selanjutnya dari segi jahitan, pilihlah baju koko yang tidak berkerut, panjang tangan atau lengannya pas, lingkar lubang lengannya tidak jatuh ke bawah. Kerahnya jika dikancing akan tetap longgar dan tidak ketarik ke bawah.
  • Perhatikan jahitan baju yang rapih dan nyaman untuk dipakai.Dari segi bordiran baju, usahakan sesuai dengan karakter diri anda, misal untuk anak muda pilih yang warna bordirannya tidak mencolok, seperti warna emas atau hitam.
  • Jangan memilih baju koko yang terlalu banyak bordirannya, karena baju terkesan ramai. Bagi orang tua pilih baju koko yang bordirannya agak gelap.
  • Jika hanya digunakan untuk ibadah sholat sebaiknya gunakan baju koko muslim berwarna putih dan tidak bermotif atau berwarna polos namun tetap yang soft. Karena jika terlalu mencolok akan berpengaruh pada konsentrasi orang lain yang beribadah di samping atau belakang kita.
  • Namun jika digunakan untuk bepergian seperti undangan hajatan atau pengajian, dalam hal ini kita bebas memilih motif atau warna sesuai keinginan kita tetapi diharapkan pilih yang elegan.
  • Pilih Ukuran Baju Koko Yang Pas,Tentu saja  pakaian model  apa  pun sangat penting untuk mengenakan  yang ukurannya pas di tubuh. Selain nyaman dipakai, juga membuat  enak dilihat. Meskipun anda pria, hindari mengenakan  baju koko yang sempit atau kekecilan atau transparan agar tidak risih dilihat. 
  • Pilih Warna Yang Sesuai,Pilihan yang sesuai untuk baju koko adalah warna putih yang cocok dikenakan saat beribadah.  Namun pakaian warna  putih mudah terlihat kotor dan cepat terlihat  kusam dibanding warna lainnya, Ada pilihan warna lainnya yang bisa anda  kenakan untuk baju koko bila saat menghadiri suatu acara. Warna yang sesuai adalah warna-warna yang netral. Warna ini akan memberikan kesan maskulin pada pemakai dan juga akan membuat anda tidak terkesan ketinggalan jaman. Hindari menggunakan baju muslim dengan warna mencolok dikhawatirkan akan menimbulkan kesan norak pada penampilan. Hindari pula model busana muslim pria dengan motif berlebihan. 
  • Pilih Motif Yang Simple,Pemilihan motif yang beragam sangat berpengaruh, Anda dapat memilih baju koko dengan menambahkan aplikasi di bagian dada, seperti motif bordir, garis-garis dan kotak-kotak. Sentuhan yang tidak kalah menarik pun dapat ditemukan dengan menerapkan potongan-potongan kain batik dalam baju koko Anda.
  • Pilih Peci Yang senada dengan baju koko,Rasanya tidak lengkap kalau  mengenakan baju koko  tanpa  memakai peci atau kopiah yang sesuai.  Bila anda akan memakainya saat beribadah, pilihlah  model  yang pas di kepala,  namun tidak  menghalangi  kening anda saat bersujud waktu shalat.  Ada banyak model peci atau kopiah yang  bisa dipakai. Selain warna  hitam yang sudah umum dipakai, ada  banyak model peci atau  kopiah  dengan corak  beragam  yang  keren. Pilihlah warna dan corak peci  yang senada dengan warna baju koko yang anda pakai.
  • Sesuaikan Dengan Situasi Anda,Pastikan anda memilih baju muslim sesuai dengan situasi anda ingin menggunakannya. Jika anda memilih baju muslim untuk keperluan sehari-hari, pilihlah baju dengan penggunaan bahan yang ringan seperti katun ataupun kaos. Baju muslim yang berbahan katun akan membuat tubuh kita nyaman dan tidak panas ketika kita memakainya juga dapat menyerap keringat. Untuk baju muslim yang akan dikenakan untuk menghadiri suatu acara, anda dapat memilih baju muslim dengan bahan dasar satin, ataupun taffeta. Pilihlah baju muslim yang bermodel kerah shanghai dan untuk dalam ruangan ber-AC pilih baju muslim yang agak tebal dan hangat, sehingga kamu tidak kedinginan.
  • Tidak Dipadukan dengan jeans,Hindari kombinasi baju muslim dengan celana jeans, celana jeans memang merupakan celana yang bisa digunakan dalam situasi apapun baik disaat santai maupun situasi formal. Namun, disaat Anda menggunakan pakaian muslim ada baiknya anda tidak mengkombinasikan dengan celana jenis ini. Rasanya akan sangat janggal ketika anda menggunakannya. Akan lebih baik jika baju muslim pria ini distelkan dengan celana bahan kain dan akan terlihat modis.
  • Tampil syar’i,Tips memilih baju koko pria terakhir adalah syar’i. Pastikan baju muslim yang anda pilih sesuai dengan aturan Islam, tidak ketat, tidak transparan, dan pastinya menutup aurat. Usahakan agar anda mempertimbangkan ketiga aspek ini setiap kali memilih busana muslim. Jangan sampai anda mengikuti tren namun tidak memperhatikan ketiga aspek dasar ini.
  •  
Demikianlah Tips dan trik yang pernah saya baca dari berbagai sumber dan sudah saya padukan dengan pengalaman yang pernah saya rasakan,semoga bermanfaat,
Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 00.07

Dibalik film Ballerina.

Dibalik film Ballerina.

Rekan mbah daur semua sudah pernah nonton film animasi berjudul ballerina belum...? jika belum saya saranin tonton dech,selain ceritanya menghibur untuk kita dan keluarga kita,juga ada makna yang dalam terdapat dalam film tersebut.

Pertama kali saya mengetahui adanya film bellerina tersebut dari adik saya,kebetulan anak saya sedang menggeluti bidang ballet disebuah sanggar ballet citra raya,maka saya tidak menunggu lama untuk mencari keberadaan kaset tersebut,yaah meskipun bajakan tapi lumayanlah bisa membuat keluarga saya dan anak saya sangat terhibur dan terinspirasi.

Sekilas tentang film ballerina.

Film ‘Ballerina’ ceritanya berlatar di Perancis pada tahun 1879, mengisahkan tentang hidup seorang gadis yatim piatu bernama Felicie (Elle Fanning) yang memiliki impian untuk bisa menjadi seorang penari balet (Ballerina).

Sayangnya, Felicie tinggal di panti asuhan sejak kecil yang membuat hidupnya seperti katak dalam tempurung.  Apalagi para pengasuh dan biarawati selalu mengendurkan tekad Felicie untuk menggapai mimpi-mimpinya.

Keinginan Felicie yang sangat kuat untuk bisa menjadi Ballerina, mendorong dirinya untuk membuat sebuah keputusan. Bersama dengan temannya Victor (Dane DeHann), Felicie mencoba kabur dari panti asuhan. Terlebih ia mendengar kabar bahwa mimpinya bisa terwujud dengan belajar menari di Grand Opera yang terletak di kota Paris. Bermodalkan tekad yang kuat, Felicie dan Victor memberanikan diri ke Paris meski tanpa membawa bekal apapun. 

Sayang sekali, sesampainya di Paris, Felicie dan Victor terpisah. Sendirian di tempat asing membuat Felicie kebingungan, meski pada akhirnya ia berhasil menemukan Grand Opera setelah letih berkeliling kota. Di sana Felicie bertemu dengan Odette (Carly Rae Jepsen), wanita pincang yang bekerja sebagai pembantu di rumah seorang wanita kaya. Merasa iba dan tersentuh dengan kesungguhan Felicie meraih mimpinya, Odette pun mengajak tinggal bersama.

Sayang Felicie menyalahgunakan kepercayaan itu dengan mencuri surat rekomendasi yang seharusnya ditujukan pada putri majikannya yang bernama Camile (Maddie Ziegler). Surat tersebut berisikan rekomendasi agar Camille diperbolehkan belajar menari balet di Grand Opera, tempat impian bagi para balerina.

Namun, Felicie merasakan bahwa kelas baletnya terlalu susah untuknya, bahkan ia pun mengalami kesulitan dalam mendapatkan teman baru. Ditengah kebimbangan dan keputus asaan, dengan dukungan Odette (Carly Rae Jepsen), seorang penjaga misterius di Paris Opera , dan sang penemu muda bernama Victor (Dane DeHaan), Felicie mendapatkan kekuatan untuk bekerja keras dalam mewujudkan cita-citanya.

Meski akhirnya bisa mencicipi belajar menari balet di Grand Opera, namun kebohongan Felicie membuahkan sebuah konsekuensi. Akankah Felicie tetap bisa menggapai cita-citanya meski harus berbuat curang? Berhasilkah dia mewujudkan mimpinya menjadi seorang balerina?

Nah rekan mbah daur semua ingin tau kan akhir cerita felicie dalam film ballerina tersebut...?silahkan saksikan sendiri biar lebih lengkap dan jelas..hehehe
Mbah Daur
Dibalik film Ballerina.

Makna dari film bellerina.

Dari film ballerina dan tokoh felicie tersebut saya ingin mencoba berbagi beberpa nilai manfaatnya diantaranya adalah :

  • Tekun,seorang felicie atau siapapun yang ingin meraih cita-citanya sangat memerlukan sikap tekun,tekun belajar tidak mengenal lelah,mencari ilmu pengetahuan dari berbagai sumber begitulah yang di amanatkan oleh tokoh felicie tersebut.
  • Disiplin tekun dan semangat saja masih kurang kalau tidak disiplin,bisa dibuktikan oleh tokoh felicie ini,ketika dia tidak disiplin yang seharusnya dia tidur lebih awal untuk istirahat karena besoknya dia audisi,ini malah kelayapan malam sehingga pada waktu audisi kemampuanya tidak maksimal dan kalah.
  • Optimis,ya benar rasa optimis dan percaya diri sangat diperlukan dalam bidang apapun begitu juga dengan ballet seperti yang ditokohkan oleh felicie tersebut,dia merasa mampu untuk bisa menjadi ballerina maka dia berjuang untuk itu.
  • Totalitas,nah kalau yang ini sudah menjadi rahasia umum bahwa menekuni sesuatu pekerjaan harus dengan totalitas yang tinggi karena kalau tidak semua akan sia-sia dan tidak bermakna,seorang felicie membuktikan bahwa dia menari ballet dari hati bukan paksaan dari orang lain maka dapat dipastikan bahwa dia mampu menjadi bellerina mumpuni..

Semoga kisah teladan dari film bellerina ini dapat menginspirasi kita semua,begitu juga dengan putri kesayangan saya semoga dapat terwujud menjadi seorang ballerina yang go international mengharumkan nama bangsa indonesia ini dan tentu nama keluarga juga..amiin



Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 23.50

Gajah barong rantai sejarah tigaraksa yang terlupakan.

Gajah barong rantai sejarah tigaraksa yang terlupakan.

Rekan mbah daur semua,tigaraksa memiliki cerita yang panjang dan sangat menarik untuk disimak,mulai dari sejarah patung tigaraksa,cerita syekh mubarok,makam keramat solear,dan masih sangat banyak rantai sejarah lainya,salah satunya adalah cerita tentang gajah barong atau juga dikenal dengan sebutan ki uyut gajah barong.

Rantai sejarah yang hampir “terlupakan”itulah kesan yang saya dapatkan ketika mendengar cerita adanya seorang tokoh yang memiliki sebutan gajah barong tersebut,hamper terlupakan karena masih kalah tenar dengan cerita syekh masma’ad dengan makam soelarnya,atau bahkan dengan tiga arya verti lain tigaraksa.

Sementaa dengangajah barong,tidak semua orang pernah mendengar cerita tentang keberadaanya,cerita ini bermula ketika saya ngobrol-ngobrol dengan teman lama yang sekarang kebetulan tinggal disekitar solear cisoka.

Semula topik obrolan kami tentang hal-hal mistik yang gak jelas pembuktianya,hingga tanpa sadar obrolan kami tertuju pada makam-makam atau tempat-tempat yang dikeramatkan di daerah cisoka atau tigaraksa pada umumnya.

Munculah nama-nama makam keramat solear,makam syekh mubarok,makan ki mas laeng,ki buyut seteng dan rekan saya tersebut juga menyebutkan beberapa nama makam keramat yang saya masih lumayan asing mendengarnya,salah satunya adalah makam keramat gajah barong.

Mbah Daur
Makam Gajah Barong image : by google

Sekilas tentang gajah barong.

Nama gajah barong sebenarnya masih menyimpan misteri hingga saat ini mulai dari silsilah keluarganya,sampai asal usul dari daerah mana,atau bahkan nama aslinya siapa,hanya sedikit cerita yang bisa kita dapatkan untuk sedikit membuktikan keberadaan gajah barong tersebut pada zamanya.

Berdasarkan cerita turun temurun dari masyarakat di sekitar wilayah Desa Ciseles, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Gajah Barong dipercaya sebagai pengawal Sultan Hasanudin atau Sultan Maulana Hasanudin, pendiri Kesultanan Banten sekaligus penguasa pertama kerajaan Islam di Banten.

Kenapa bisa seorang pengawal pribadi sultan mulana hasanudin bisa sampai ke desa cileles wilayah cisoka,tigaraksa tersebut adalah ketika gajah barong karena waktu itu Gajah Barong sedang menghadiri sebuah pesta di wilayah Pesanggerahan, yang saat ini menjadi nama sebuah desa di wilayah tersebut. Karena Gajah Barong waktu itu mengenakan pakaian compang-camping, dan tidak menunjukkan bahwa ia adalah seorang prajurit atau pengawal Sultan Maulana Hasanudin, ia tidak dianggap oleh orang-orang yang berada di arena pesta tersebut.

Dari situlah, Gajah Barong meninggalkan arena pesta dan kembali lagi dengan berubah rupa mengenakan pakaian keprajuritan dan mengendarai kuda. Saat ia kembali dengan wujud yang berbeda tersebut, seluruh warga mengaguminya dan kemudian mempersilakannya masuk. Namun Gajah Barong menolak, dan mengucapkan kalimat yang pedas terhadap warga dan yang punya hajat.

"Oh, begini orang di kampung ini hanya melihat pakaian dan kendaraan, kalau orang biasa tidak digubris," begitulah kalimat Gajah Barong yang dikutip dari buku Inventarisasi dan Dokumentasi Data Seni Budaya Kabupaten Tangerang yang diterbitkan Disporbudpar Kabupaten Tangerang tahun 2014.

Dalam buku ini, setelah marah dan mengucapkan kalimat tersebut, Gajah Barong meninggalan tempat pesta lalu menancapkan kerisnya serta menyimpan pakaiannya di dekat keris tersebut sambil berkata, "Nah, ini yang kalian mau dan kalian hargai!”

Di tempat keris dan pakaian tersebutlah, Gajah Barong dimakamkan. Namun, sebelum terjadi pemekaran wilayah, lokasi Makam Gajah Barong tersebut adalah wilayah Desa Bantar Panjang, dan setelah pemekaran masuk ke wilayah Desa Cileles, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Peninggalan sejarah gajah barong di tigaraksa.

Seorang tokoh legenda yang telah meninggal dunia pasti meninggalkan bukti-bukti sejarah,ibarat pepatah gajah mati meninggalkan gading,harimau mati meninggalkan belang,sementara manusia mati meninggalkan hutang..hahaha maksud saya meninggalkan amalan dan nama baik.begitu juga dengan gajah barong tersebut,beliau meninggalkan beberapa tempat dan peralatan pribadi yang sampai sekarang masih bisa kita jumpai keberadaanya.


Makam gajah barong,sumur panguripan ( sumur kehidupan ) adalah salah satu bukti keberadaan gajah barong di tigaraksa,hanya saja kondisinya semakin hari semakin tidak terawat,seperti kisah saya berikutnya,gajah barong tigaraksa menunggu sang penyelamat.

Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 09.16

info lainya