Home » » Mesin ATM di SPBU rawan kejahatan.

Mesin ATM di SPBU rawan kejahatan.


Mesin ATM di SPBU rawan kejahatan.

Rekan Mbah Daur semua,kita sering menjumpai mesin – mesin ATM yang ditempatkan di pusat – pusat perbelanjaan supermarket,mall dan juga tidak jarang yang ditempatkan di tempat – tempat pengisian bahan bakar umum ( SPBU ).

Penempatan mesin – mesin ATM di SPBU tentu memiliki tujuan dan maksud tertentu agar nasabah dari Bank tersebut bisa melakukan transaksi keungan sekaligus pada saat mengisi bahan bakar untuk kendaraanya.

Tetapi ada beberapa SPBU yang didalamnya ada terdapat ATM Center atau mesin ATM pribadi yang kurang terjaga securitas ( keamanan ),mulai dari lampu penerangan ruang mesin ATM yang kurang memadai,area yang sempit,kaca yang terlalu mudah untuk orang lain melihat dan mengawasi gerak – gerik kita pada saat transaksi dsb.

Keadaan mesin – mesin ATM yang ditempatkan di area SPBU memang terkenal sangat rawan untuk di jahili sehingga sangat berbahaya bagi pengguna mesin ATM tersebut jika kurang waspada karena tangan – tangan jahat yang setiap saat siap beraksi.
Mbah Daur
mesin ATM di area SPBU

Bank versus SPBU.

Mengapa keberadaan mesin ATM di area SPBU rawan terjadi kejahatan…?

Ada banyak sekali kemungkinan – kemungkinanya,tetapi jika di lirik dari kacamata saya secara pribadi,karena adanya perbedaan kepemilikan dan kepentingan antara pemilik mesin ATM dengan pemilik SPBU.

Pemilik mesin ATM sudah kita ketahui semua pasti dari BANK tertentu,sementara pemilik SPBU adalah PERTAMINA,SHELL dsb,nah jika mesin ATM yang berada di area SPBU itu hanya numpang tenar,jika kita kaitkan dengan hubungan antar mahluk hidup ini disebut dengan istilah simbiosis.

Kalau saja hubungan antara SPBU dengan mesin ATM ini adalah simbiosis mutualisme maka keberadaan mesin ATM di area SPBU akan sangat terjaga sekali secara securitas,kerapihan,kebersihan dsb.sehingga angka kejahatan yang terjadi di mesin ATM area SPBU akan sangat minim.

Sementara jika hubungan antara SPBU dengan mesin ATM ini simbiosis komensalisme maka pemilik SPBU selaku pemilik utama lokasi tersebut akan merasa masa bodoh dengan keamanan,kerapihan,kebersihan dsb mesin ATM tersebut,karena keberadaan mesin ATM tersebut tidak memberi efek menguntungkan untuk SPBU,sementara jika SPBU tersebut tanpa mesin ATM pun masih akan terus berjalan.

Dan yang lebih parah adalah hubungan mesin ATM dengan SPBU adalah hubungan parasitisme,alias mesin ATM ini hanya sebagai parasit yang menempel pada inangnya saja yakni SPBU,sehingga pemilik SPBU akan berusaha untuk keluar dari jerat parasit tersebut,boro – boro menjaga dan merawat mesin ATMnya dari tangan – tangan yang tidak bertanggung jawab,justru berharap mesin ATM tersebut segera pergi dari area SPBU.

Dari beberapa tulisan diatas saya menyimpulkan bahwa keberadaan mesin ATM yang ada di sekitar area SPBU tidak bisa menjamin 100 % tingkat keamanan mesin ATM tersebut ketika dipergunakan untuk bertransaksi keuangan.

Logikanya adalah mesin ATM yang aman untuk melakukan transaksi keuangan adalah mesin ATM yang memenuhi persyaratan – persyaratan tertentu baik tertulis maupun tidak tertulis,misalnya mesin ATM yang aman untuk bertransaksi adalah mesin ATM yang bersih terawat,tombol keyboard masih jelas,slot kartu ATM masih layak,ada petugas keamanan yang selalu menjaga mesin ATM tersebut dari tangan jahat.

Sebuah mesin ATM akan terhindar dari tangan – tangan jahat jika mesin ATM tersebut selalu terpantau,termaintance secara benar dan berkala,nah bayangkan jika keberadaan mesin ATM tersebut di area SPBU pasti tidak akan pernah terpantau dengan baik,karena pemilik ataupun orang – orang yang bekerja di SPBU tersebut tidak ada kaitanya dengan mesin ATMnya,jadi jangan salahkan SPBU jika mesin ATM tersebut menjadi santapan empuk para pelaku kejahatan mesin ATM.

Banyak sekali modus kejahatan di mesin ATM sekarang ini,mulai dari mengganjal slot kartu ATM,layar monitor yang tiba – tiba mati dan masih banyak lagi modus kejahatan di mesin ATM yang terkadang justru lokasi mesin ATM tersebut berada di area SPBU terkenal.

Kita boleh saja merasa lebih nyaman bertransaksi keuangan menggunakan mesin ATM yang berlokasi di area SPBU karena kita berpikir itu adalah lokasi yang aman,tapi saran saya tetap terus waspada dan selalu hati – hati,karena kejahatan terjadi bukan karena niat si pelaku karena ada kesempatan..waspadalah….waspadalah.

Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 11:38 AM

2 comments:

  1. Kok kotak komentarnya enggak keluar ya mas di mobile ini saya pakai versi desktop.

    Nah untuk atm yang mas katakan memang btul tuh sya aja males pakai atm spbu. Bahaya mending yang disamping banknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih bu gak muncul kolom komentarnya kalau versi mobile..padahal settinganya ok lho..

      btw emang bener mesin ATM sekarang sdh mulai rawan,,jadi mesti hati - hati..

      Delete

info lainya