Home » » Ciri – ciri mesin ATM tidak aman untuk transaksi.

Ciri – ciri mesin ATM tidak aman untuk transaksi.


Ciri – ciri mesin ATM tidak aman untuk transaksi.

Rekan mbah daur semua,waspada dan selalu hati – hati sangat diperlukan melakukan transaksi menggunakan mesin ATM,baik itu tarik tunai,setor tunai,atau hanya Cuma cek saldo belaka,karena jika kita kurang berhati – hati memilih mesin ATM yang aman,bukan tidak mungkin kita mengalami kejahatan – kejahatan yang sekarang marak dilakukan disebuah mesin ATM.

Memilih mesin ATM yang aman dan tidak aman tentu perlu kita fahami sedini mungkin,sehingga kita bisa memilih dan memilah lokasi mesin ATM mana yang akan kita pergunakan untuk melakukan transaksi.
Mbah Daur
ciri mesin ATM tidak aman

Beberapa ciri mesin ATM tidak aman.

Adapun beberapa ciri mesin ATM yang tidak aman untuk melakukan transaksi yang saya dapat dari berbagai sumber dan juga dari pantauan mata serta pengalaman saya ketika kartu ATM saya rusak karena di rusak mesin ATM seperti saya pernah tulis di postingan saya terdahulu dengan judul mesinATM perusak kartu ATM.

  • Pencahayaan ruangan ATM yang kurang memadai.

Ruangan mesin ATM yang terlihat buram alias kurang terang sangat rawan terjadi tindak kejahatan bagi calon pengguna mesin ATM tersebut,sehingga saran saya ketika menemui mesin ATM yang lampu peneranganya cenderung buram dan kurang terang segeralah berganti ke mesin – mesin ATM yang lainya.

  • Jauh dari manusia.

Mesin ATM biasanya diperuntukan untuk mempermudah bertransaksi tanpa harus melewati antrian seperti halnya di Bank,makanya penempatan mesin – mesin ATM ini biasanya di tempat – tempat yang ramai lalu lintas manusia seperti di pusat perbelanjaan,SPBU,rest area dsb.

Jika keberadaan mesin – mesin ATM ini berada ditengah keramaian maka sangat sulit untuk para pelaku kejahatan beraksi,tapi jika tempat dimana mesin ATM itu berada sangat sepi dan jauh dari keramaian manusia maka sangat rawan sekali terjadi tindak kejahatan,untuk itu saran saya hindari mesin ATM yang berlokasi ditempat sepi.

  • Tampilan mesin ATM tidak biasa

Pernahkah Anda melihat tampilan ATM yang unik? Selain berbeda dengan mesin ATM kebanyakan, mesin ini juga biasanya terletak bukan di tempat umum. Hati-hati, bisa jadi ini merupakan mesin ATM palsu yang dipakai untuk menipu.

Biasakan diri Anda untuk mengambil uang di mesin ATM resmi yang dekat dengan bank atau terletak di tempat-tempat resmi.

  • Slot kartu ATM sangat besar

Slot tempat kartu ATM bisa kita jadikan indikasi sebuah mesin ATM tidak aman,jika kita melihat slot kartu ATM yang sudah longgar atau besar maka slot tersebut pernah mengalami pemaksaan masuknya benda asing yang tidak semestinya,yang paling sering adalah sudah pernah dipasangi sebuah alat bernama skimmer yang digunakan untuk mencuri data-data rahasia yang Anda punya.

Terkadang slot kartu ATM yang longgar tersebut disebabkan karena pernah di ganjal dengan batal lidi atau korek kayu yang bertujuan untuk membuat kartu ATM kita terkesan tertelan oleh mesin ATM yang kemudian di tinggalkan oleh pemilik kartu ATM nya maka terjadilah kejahatan.

  • Lubang kartu macet

Kasus lubang kartu macet ini setali dua uang dengan lobang slot kartu yang longgar tadi,Seringkali, pencuri mencoba untuk memodifikasi slot kartu sehingga kartu yang sudah dimasukkan akan sulit diambil kembali. Ini akan memberi tipu daya bagi konsumen bahwa kartu ATM nya telah tertelan. Padahal, kartu tersebut justru sengaja dijebak di mesin ATM.

Pencuri nantinya akan mempergunakan kartu dan semua informasi tentang Anda untuk mengambil uang dalam tabungan.

  • Tombol ATM longgar

Tanda lain yang harus Anda waspadai saat menggunakan ATM adalah tombolnya. Tombol ATM yang terasa longgar atau sulit ditekan bisa menjadi pertanda bahwa mesin ATM telah dicurangi.
Ada beberapa pencuri yang menaruh perangkat lain di bawah tombol ATM tersebut. Alhasil, ketika seseorang memasukkan pin ATM-nya, identitas pin tersebut akan dikirim melalui Wifi pada sang pencuri.

  • Layar monitor mesin ATM rusak.

Hindari dan pastikan jangan pernah sekali – kali melakukan transaksi keuangan menggunakan mesin ATM yang layar monitornya sudah rusak,hla kalo layar monitornya rusak trus mau transaksinya gimana tho yo..hahahaha ( bercanda….)

Selalu hati – hati dan waspada adalah kuncinya,hindari mesin ATM yang mencurigakan dengan beberapa ciri seperti tersebut diatas.



Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 10:23 AM

1 comments:

info lainya