Nikmatnya Laksa Tangerang. - Mbah Daur -->

Nikmatnya Laksa Tangerang.

Thursday, February 8, 2018

Nikmatnya Laksa Tangerang.

Nikmatnya Laksa Tangerang.

Rekan Mbah Daur semua,nama kuliner laksa memang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia,begitu juga dengan masyarakat yang tinggal di Tangerang baik pribumi maupun pendatang.terlebih akhir – akhir ini banyak sekali media sosial yang tak segan – segan memamerkan wisata kuliner laksa tersebut.

Salah satu makanan khas Tangerang yang satu ini memang sedikit unik ( itu menurut saya lho ),karena selain namanya yang tidak ada sangkut paut sama jenis bahan dasar yang di olah,laksa juga memiliki sejarah penamaan yang panjang dan unik.

Jika kita mendengar istilah mie ayam, maka dibenak kita pasti suatu menu makanan yang berbahan dasar mie dan daging ayam,dan kenyataanya seperti itu,tetapi jika kita mendengar istilah makanan laksa maka pasti kita akan langsung berpikir itu makanan apa ya..?
Mbah Duar
Makanan Laksa Khas Tangerang

Sejarah nama laksa.

Negara Indonesia terkenal akan hasil buminya seperti rempah – rempah,sehingga Negara Indonesia memiliki keaneka ragaman menu kuliner paling banyak di dunia,mulai dari bahan dasar yang di olah sampai cara mengolah dan juga perbedaan cara menyajikanya.

Keberagaman masyarakat juga mempengaruhi keberagaman menu kuliner yang ada,ada etnis melayu,etnis thionghoa,belum lagi ratusan etnis atau suku pribumi yang ada di Indonesia ikut menyumbang dan mempengaruhi keaneka ragaman kuliner yang ada.

Wilayah Tangerang juga tidak luput dari keberagam etnis tersebut sejak zaman dulu,sehingga menu kuliner yang ada dan berkembang di Tangerang mengkombinasi dari berbagai unsur dan kebudayan peranakan tersebut.

Salahsatu yang paling gampang untuk dijadikan contoh adalah laksa,yakni makanan berjenis mi yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan antara Tionghoa dan Melayu sehingga menghasilkan rasa yang unik dan luar biasa beda dengan yang lain.

Perpaduan berbagai bentuk mi,serta bumbu yang beraneka ragam bercampur menjadi satu,inilah yang mengilhami nama makanan tersebut dengan sebutan laksa, yang di diambil dari bahasa Sanskerta yang mempunyai arti banyak, menunjukkan bahwa mi Laksa dibuat dengan berbagai bumbu.

Jenis laksa di Tangerang.

Laksa memiliki jenis dan variasi yang sangat banyak sekali,bahkan tidak hanya di Tangerang saja yang memiliki menu makanan laksa,beberapa jenis laksa yang ada di nusantara Indonesia adalah sbb :

  • Laksa lemak, dikenal juga dengan nama Laksa nyonya
  • Laksam, berasal dari Terengganu
  • Laksa Katong dari daerah Katong di Singapura
  • Laksa Pulau Pinang,juga dikenal sebagai assam laksa
  • Laksa Johor, berasal dari negara bagian Johor
  • Laksa Ipoh, berasal Ipoh, Malaysia, mirip Laksa Penang tetapi lebih asam
  • Laksa Kuala Kangsar
  • Laksa Perlis
  • Laksa Kedah
  • Laksa Kelantan
  • Laksa Serawak, berasal dari Sarawak di pulau Kalimantan.
  • Laksa Bogor, berasal dari Bogor dan menggunakan oncom
  • Laksa Betawi, hampir mirip dengan Laksa Bogor tetapi kuah Laksa Betawi memakai udang rebon.
  • Laksa Palembang, yang berbahan sama seperti burgo, pada lakso bentuknya menyerupai mi. Sama halnya dengan kuah burgo, lakso juga dimakan bersama kuah santan, hanya yang membedakan kuahnya memakai kunyit dan dicampur dengan bumbu lainnya.
  • Laksa Banjar, memakai ikan gabus sebagai salah satu bahan-bahannya.
  • Laksa Jepara, memakai udang dan telur ayam
  • Laksa Lingga, berasal dari Kepulauan Riau, ada yang di goreng dan berkuah, menggunakan tepung sagu.

Sumber Wikipedia.

Mbah Daur
Tempat Wisata Kuliner Laksa di Tangerang

Laksa Nyai dan laksa nyonya khas Tangerang

Khusus untuk wilayah Tangerang dan sekitarnya menu laksa yang terkenal dengan sebutan laksa nyai dan laksa nyonya,mengapa bisa dikategorikan seperti itu,..?

Pada dasarnya jenis laksa ini memiliki kemiripan yang paling membedakan adalah pembuatnya Laksa Nyai dibuat oleh wanita pribumi sedangkan Laksa Nyonya dibuat oleh wanita peranakan Tiong Hoa. Untuk isinya kurang lebih sama satu sama lain yaitu bihun bersiram kuah laksa yang terbuat dari kacang hijau, santan, kentang, dan kaldu ayam.

Jika rekan mbah daur semua ingin menikmati makanan khas tangerang ini silahkan kunjungi markasnya yang berada di alamat depan LP wanita di Jl Muhammad Yamin, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. lokasi ini memang dibentuk oleh pemerintah kota Tangerang khusus kawasan kuliner laksa kota Tangerang.

Tempat ini sudah cukup ramai karena semakin banyak orang ingin menikmati makanan asli tangerang. Sekirat 5 pedagang laksa mangkal di tempat ini untuk melayani para pembeli yang tiap hari berdatangan ke tempat ini. Apalagi saat jam makan siang maka jumlah warga yang datang pun akan semakin banyak.






bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.