Home » » 3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.

3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.

3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.

3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.

3 Fenomena raksasa menjelang hari raya idul fitri ini hanya terjadi di Indonesia atau hanya terjadi pada masyarakat Indonesia baik yang masih berada didalam negeri maupun yang berada diluar negeri,lebih khusus bagi mereka yang berprofesi sebagai karyawan,buruh pabrik,pegawai negeri dan disiplin profesi lainya.

3 fenomena raksasa tersebut hanya akan hadir disaat akhir bulan ramadhan menjelang datangnya hari raya idul fitri,pelakunya bisa mereka yang beragama islam maupun beragama lainya,Kristen,hindu,budha maupun aliran kepercayaan,tiada mengenal ras dan suku manapun asal saja mereka memiliki label buruh/pegawai upahan.

3 fenomena unik menjelang lebaran 

  • Tunjangan Hari Raya ( THR ).

3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.
3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.

Fenomena pertama yang luar biasa menghebohkan jagad bumi nusantara menjelang datangnya hari raya idul fitri adalah datangnya mahluk bernama tunjangan hari raya yang disingkat THR.ya mahluk bernama THR ini sudah menjadi sebuah mimpi indah yang terus menggelayut di mimpi sebagian besar masyarakat Indonesia,bagaimana tidak,dengan adanya THR mereka bisa mendapatkan uang lebih guna menunjang,mencukupi pendanaan yang lumayan besar guna menyambut datangnya hari lebaran.

THR tidak hanya berlaku untuk umat muslim saja,banyak perusahaan,instansi pemerintah maupun swasta yang memiliki kebijakan memberikan THR kepada seluruh karyawanya pada saat menjelang hari raya idul fitri tanpa membedakan agama,ini salah satu hal yang sangat luar biasa dan hanya terjadi di Indonesia.

THR memberikan efek yang luar biasa terhadap masyarakat Indonesia,bahkan kalau tidak salah mbah daur mengucapkan THR sudah sangat membuat masyarakat kita kecanduan tingkat dewa yang sangat-sangat sulit untuk merehabilitasinya,terlebih bagi mereka yang masih kurang pas dalam memanfaatkan THR tersebut,padahal jika kita mau dan bisa menyikapi dengan benar maka THR akan sangat bermanfaat bagi kehidupan ekonomi kita dikemudian hari ( baca : cerdas memanfaatkan THR ).
  • Mudik ( Pulang Kampung ).

3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.
3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.

Masyarakat Indonesia memiliki tradisi yang sangat luar biasa banyak,salah satunya adalah tradisi mudik/pulang kampong,tradisi mudik ini bersifat musiman dan temporary karena hanya terjadi pada saat menjelang lebaran,padahal orang pulang kampung bisa saja terjadi kapanpun,bulan apapun tetapi hanya pulang kampung disaat lebaran inilah yang disebut mudik.

Mudik sebuah fenomena raksasa yang luar biasa unik,mereka lebih memilih bermacet-macet ria dijalanan,mengantri bus dengan antrian yang mengular begitu panjang,berebut dengan sesama pengantri lain demi selembar tiket bus,pesawat,kereta api,kapal laut,belum lagi bagi mereka yang memutuskan mudik menggunakan kendaraan roda dua ( motor ) rela kepanasan,kehujanan dengan debu asap yang begitu dahsyat,menempuh puluhan,ratusan bahkan ribuan kilometer ( haha nyampek ribuan kilometer ),ada juga yang mudik dengan kendaraan unik yang mereka miliki ada bajaj,andong/dokar,sepeda onthel dsb, ini demi sebuah gelar mudik lebaran.

Mudik selalu memiliki magnet yang luar biasa dahsyat,tidak hanya melibatkan pelaku mudik saja tetapi melibatkan seluruh instansi yang berkepentingan disana,polisi,pom bensin,rumah makan,rest area,posko kesehatan,jajanan keliling maupun mangkal,tukang asongan,pengamen,calo penumpang bahkan sampai pencopet sekalipun tergiur akan magnet yang dipancarkan oleh raksasa bernama mudik tersebut.

Tetapi mudik juga memiliki cerita sedih,cerita pilu bahkan tragis,banyak terjadi kecelakaan dari yang korbanya luka luka lecet,memar sampai luka berat,cacat permanen bahkan sampai meninggal dunia yang permanen juga,ini perlu kita sikapi dengan bijak dan seksama sebelum kita memutuskan untuk tergiur memiliki label sebagai pemudik menjelang lebaran agar senantiasa tujuan mudik dapat terwujud dan keselamatan jiwa dan raga dapat terjaga. ( lihat Tips menyikapi Mudik ).

  • Cuti massal.

3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.
3 Fenomena Raksasa Menjelang Idul Fitri.

Cuti massal salah satu dari ketiga fenomena raksasa yang datang menjelang hari raya idul fitri,karena dengan adanya perayaan hari raya idul fitri dan demi memuluskan jalan untuk melakukan kegiatan mudik pulalah cuti massal ini muncul kepermukaan.

Banyak perusahaan-perusahaan,instansi pemerintah maupun swasta yang memberlakukan kebijakan cutti massal / libur massal menjelang hari raya idul fitri dengan jumlah hari yang tidak serta merta sama antar satu dengan yang lainya,belum lagi bagi mereka yang masih memiliki sisa cuti tahunan dan mereka bisa ambil guna mendapatkan libur lebih lama.

Cuti massal / libur bersama memiliki sisi positif dan juga sisi negative bagi sebuah perusahaan,untuk hal ini mbah daur akan coba kupas dalam judul  dampak cutti massal bagi perusahaan.

Demikian pandangan pribadi mbah daur tentang fenomena-fenomena menjelang datangnya hari raya idul fitri yang tentu sudah tidak asing lagi bagi rekan-rekan mbah daur semua,sangat luar biasanya fenomena tersebut bahkan mbah daur memberikan nama :

3 fenomena raksasa ketika menyambut idul fitri.

Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 10:55 PM

0 comments:

Post a Comment

info lainya