Cerdas Memanfaatkan THR. - Mbah Daur -->

Cerdas Memanfaatkan THR.

Wednesday, July 30, 2014

Cerdas Memanfaatkan THR.

Cerdas Memanfaatkan THR.

Cerdas Memanfaatkan THR.
Cerdas Memanfaatkan THR.
image by.google

Tunjangan hari raya atau lebih sering disingkat dengan singkatan THR merupakan sesuatu yang sangat di idam-idamkan sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia menjelang hari raya idul fitri seperti saat ini,terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai karyawan,buruh pabrik atau instansi pemerintah maupun instansi swasta lainya.

THR bisa sangat bermanfaat sekali bagi kalangan tersebut diatas jika memang bisa dan mampu untuk mengolah serta bijak memanfaatkanya,tetapi jika mereka yang salah atau kurang pas memanfaatkan adanya dana THR tersebut maka tidak akan memberikan dampak positif sama sekali dikemudian hari bahkan hanya numpang lewat tiada berbekas.


Tips memanfaatkan dan mengolah THR.

Jika kita ingin termasuk kedalam kelompok orang-orang yang bisa dan mampu mengolah THR dan bukan menjadi golongan orang-orang yang menganggap THR hanya numpang lewat,beberapa tips berikut ini bisa menjadi referensi sehingga THR yang kita dapatkan setiap tahun menjelang idul fitri dapat lebih bermanfaat.
Tabungan.

Jadikan THR menjadi tambahan deposit tabungan kita,guna menambah jumlah saldo yangsebelumnya telah kita miliki,mungkin tidak 100% atau semuanya kita tabungkan,tetapi minimal 60% harus kita sisihkan untuk kita tabungkan setelah kita memenuhi kebutuhan menyambut hari raya idul fitri.

Idealnya adalah lakukan perencanaan pengeluaran untuk kebutuhan menjelang idul fitri tidak melebihi 30% besarnya dari THR yang kita dapatkan,cermat mengatur,memilih mana yang paling perlu dan perlu atau belum perlu untuk kita penuhi,jika pakaian baru lebih mendesak silahkan tentukan perkiraan dananya,jika ingin mudik dsb rencanakan sebelumnya tetapi perlu di ingat jangan melebihi 30% pendapatan THR.

  • Investasi.

Menjadikan THR sebagai dana investasi tentu memiliki kesulitan tertentu bahkan seperti tidak mungkin,karena pertanyaan yang muncul adalah seberapa sich besar dana THR,apa cukup untuk berinvestasi,atau muncul juga ketidak optimisan dengan kalimat,untuk belanja lebaran aja tidak cukup,boro-boro buat investasi gak ngutang aja masih untung.

Padahal banyak ragam dan jenis investasi yang tidak memerlukan dana besar,asal kita niat tentu ada cara untuk kita berinvestasi meskipun feetback atau keuntunganya tidak begitu besar,tetapi jika kita terbiasa dan mampu menyisihkan sebagian dana THR kita untu investasi setiap tahunya pasti kita akan mendapatkan jumlah nominal dana investasi yang tidak sedikit.

Kalau saja kita bisa menyisihkan sebagian dana THR kita sebesar 2juta setiap tahun maka ditahun ketiga atau ke-empat kita sudah mampu membeli motor second yang bisa kita sewakan untuk pengojek,dan bukan tidak mungkin tahun berikutnya dari dana THR dan keuntungan harian dari sewa ojek satu motor bisa menghasilkan dana untuk membeli motor bekas lainya,seterusnya dan seterusnya.

  • Pelunasan Hutang.

Kita membutuhkan dana THR tetapi kita juga memiliki tanggungan hutang dengan pihak lain yang bunganya lumayan besar,bisa mencapai jutaan dalam setiap tahun,dengan memanfaatkan dana THR kita bisa memangkas saldo hutang yang perlu dibayar sehingga tahun-tahun atau bulan-bulan berikutnya kita lebih ringan atau justru malah segera lunas.

Contoh : ketika kita memiliki rumah dengan jalan KPR yang berdurasi 15 tahun dengan besar cicilan 700rb an,ditahun 2014 kita mendapatkan dana THR sebesar 8,5 jtan ( amiiiin ),kita menggunakan dana THR tersebut untuk pembayaran KPR tersebut selama 1 tahun kedepan,maka bukan tidak mungkin jika kita konsisten maka kita hanya membutuhkan 7-8 tahun untuk melunasi rumahk KPR tersebut.
Dan mungkin masih banyak lagi contoh-contoh pelunasan hutang yang bisa kita bayar dengan memanfaatkan dana THR ketika hari raya idul fitri datang,semua tergantung dari perencanaan dan kebijakan kita dalam menggunakan dana THR.

  • Renovasi Rumah.

Dana THR yang kita dapatkan menjelang lebaran bisa juga kita pergunakan untuk melakukan renovasi rumah kita,tapi saran saya jika memang ini sudah dirasa sangat perlu,bukan antaran ikut-ikutan trend tetangga sebelah yang baru saja melakukan renovasi rumahnya,kita jadi terpancing ikut merenovasi dengan tanpa perhitungan terlebih dahulu.

Kesimpulanya : dana THR akan selalu bisa bermanfaat dan memberi efek positif jika kita bisa mempergunakanya dengan bijak,cermat dan penuh perhitungan,tetapi akan sangat tidak bermanfaat apalagi berbekas indah jika kita hanya memikirkan kepentingan sesaat,dari point diatas rekan rekan mbah daur bisa menentukan skala prioritas tergantung masing-masing keperluan,bisa menabung dulu baru sisanya investasi,atau sebaliknya,atau ingin merenovasi rumah terlebih dahulu itu pun salah satu bentuk investasi jangka panjang,intinya dana THR akan berguna dan bermanfaat jika kita tahu dan memahami :


Cerdas memahami dana THR.

bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.