Pengertian Tentang Kesemutan dan Penyebabnya. - Mbah Daur -->

Pengertian Tentang Kesemutan dan Penyebabnya.

Friday, June 8, 2012

Pengertian Tentang Kesemutan dan Penyebabnya.

Pengertian Tentang Kesemutan dan Penyebabnya.

Kesemutan memang acap kali membuat orang jengkel,bagaimana tidak jengkel,ketika kita akan menggerakan salah satu anggota badan kita selain terasa sakit,kaku terkadang justru tidak bisa merasakan apa apa,inilah yang kebanyakan orang menyebutnya kesemutan atau geringgingen dalam bahasa jawa.

Kesemutan tentu beda maknanya dengan semutan,kalau kesmutan itu seperti yang mbah daur jelaskan diatas sementara kalau semutan itu dikerumuni semut jadi jangan sampai salah tafsir hehehe,baiklah sekarang mbah daur akan coba mengulas apa itu kesemutan dan apa factor penyebabnya :

Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sebenarnya parestesia adalah sensasi  rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.


Penyebab yang sering mengakibatkan kesemutan adalah Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan Misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Secara ringkasanya mbah daur pernah meramunya dalam beberapa point tentang Penyebabnya Kesemutan antara lain:

  • Posisi duduk atau berdiri untuk waktu yang lama.
  • Kurangnya aliran darah ke daerah tertentu. Sebagai contoh, penumpukan plak dari aterosklerosis di kaki dapat menyebabkan nyeri, mati rasa, dan kesemutan sambil berjalan.
  • Tekanan pada saraf tulang belakang.
  • Kondisi medis tertentu, termasuk diabetes, tiroid kurang aktif, multiple sclerosis, kejang, migrain atau sakit kepala biasa.
  • Tingkat abnormal kalsium, kalium, atau natrium dalam tubuh.
  • Kekurangan Vitamin B-12. 

Demikian pengertian tentang kesemutan alias geringgingen dalam bahasa jawa serta penyebab penyebanya,semoga bermanfaat dan setelah ini mbah daur akan kupas tuntas bagaimana cara menghilangkan kesemutan atau cara menyembuhkan kesemutan.

Tags : Kesemutan,Gringgingen,Pengertian Kesemutan,Penyebab Kesemutan,bagaimana mencegah kesemutan.


bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.