Mengenal pengertian Pasar ( market ). - Mbah Daur -->

Mengenal pengertian Pasar ( market ).

Sunday, June 17, 2012

Mengenal pengertian Pasar ( market ).

Mengenal pengertian Pasar ( market ).
http://mbahdaur.blogspot.com/
Mengenal pengertian Pasar ( market ).

Mengenal pengertian pasar,apa arti pasar,apa pengertian pasar seperti pertanyaan yang mudah dan gampang terjawab bagi kita semua bahkan anak anak SD pun tahu dan paham apa pengertian pasar.

Pengertian pasar secara singkatnya adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk mengdakan transaksi jual beli,hmmmm simpelkan begitulah pengertian singkat yang pernah mbah daur dengar dan masih ingat sampai sekarang ketika masih duduk dibangku sekolah dasar,tapi sebenarnya masih jauh lebih kompleks dan universal sekali pengertian tentang pasar .

Seperti ini pengertian pasar secara komplit dan universal,Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang, Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat,uang kartal,uang receh dan tentunya uang asli hehehe.


Di Indonesia pasar memiliki kategori dan pengelompokan tersendiri tergantung letak geografis,kultur budaya,adat istiadat dan tentunya pasar juga dibedakan tergantung pada komoditi apa yang diperjual belikan dan jasa apa yang dipergunakan.

Jenis pasar yang berdasarkan pada letak geografis dan jenis mata pencaharian penduduknya misalnya : pasar pertanian,pasar nelayan dsb,sementara pasar juga mengenal wilayah territorial dan batasan cakupan dari sebuah pasar itu sendiri mislanya : pasar pedesaan,pasar kota dsb.

Dari kesemua pengertian pasar diatas mbah daur menarik garis besar jenis pasar yang ada di Indonesia yakni :
  1. Pasar tradisional.
  2. Pasar modern.
  3. Pasar tradisional modern.
Demikian pengertian pasar menurut kajian ilmu ekonomi yang mbah daur miliki,untuk spesifikasi dan pengertian tentang pasar tradisional,pasar modern dan pasar tradisional modern akan mbah daur ulas di pertemuan berikutnya secara bertahap dimulai dari pengertian pasar tradisional.

bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.