Rase Sang Telik Sandi Majapahit. - Mbah Daur -->

Rase Sang Telik Sandi Majapahit.

Friday, May 18, 2012

Rase Sang Telik Sandi Majapahit.

(Rase) Prajurit Telik Sandi Mahapatih Gajah Mada.

Masih dalam koridor menyingkap makna spionase dan kelanjutan dari menyingkap makna telik sandi yang telah terposting sebelumnya,khusus dalam postingan menyingkap makna telik sandi mbah daur pernah kemukakan seseorang yang bertugas menjadi telik sandi pada masa kerjaan majapahit yang bernama rase.,masih ingatkan..?

Rase adalah salah seorang prajurit kesayangan mahapatih gajah mada karena selain jagoan dalam ilmu kanuragan rase memiliki kepintaran yang luar biasa ketika melakukan penyamaran untuk itulah rase ditunjuk olwh mahapatih gajah mada menjadi seorang telik sandi.

Gajah Mada adalah salah satu mahapatih Majapahit. Dia sangat terkenal dengan sumpahnya ‘Amukti Palapa’. Karena menepati sumpahnya itulah dia berupaya keras dan akhirnya berhasil mempersatukan nusantara di bawah bendera Majapahit. Sekalipun demikian, sejarah tidak mencatat masa kecil Gajah Mada. Tak ada yang tahu asal-usul orang besar ini. Hal ini menunjukkan bahwa Gajah Mada bukan berasal dari kaum ningrat, sebab setiap orang dari kaum ningrat pasti memiliki silsilah yang jelas.

Juga tidak ada yang tahu bahwa Gajah Mada mempunyai seorang prajurit yang sangat setia kepada mahapatih ini. Prajurit itu bernama Rase. Mpu Ranggenah dalam Serat Raweruh menceritakan bahwa Rase bertugas sebagai prajurit telik sandi (mata-mata). Dia bergabung dengan Gajah Mada atas saran seorang lelaki tua. Rase tetap setia mengabdi kepada Gajah Mada. Bahkan, ketika sang mahapatih diasingkan di Madakaripura, Rase adalah salah satu prajurit yang selalu bersama dengan sang mahapatih. 

Sayangnya, Mpu Ranggenah tidak mencatat sepak terjang sang prajurit setia ini dalam perjuangannya bersama dengan sang mahapatih junjungannya.

bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.