Menyingkap Makna Telik Sandi. - Mbah Daur -->

Menyingkap Makna Telik Sandi.

Friday, May 18, 2012

Menyingkap Makna Telik Sandi.

Menyingkap Makna Telik Sandi.

Sebelum memulai postingan menyingkap makna telik sandi tidak ada salahnya mbah daur ingatkan kepada rekan rekan mbah daur postingan mbah daur yang terdahulu tentang menyingkap makna spionase,apakah ada keterkaitan antara spionase dengan telik sandi yang akan mbah daur bahas kali ini.

Telik sandi merupakan salah satu unit pasukan khusus yang berfungsi untuk melakukan kegiatan mengawasi,meneliti,bahkan mencuri informasi dari pihak luar atau musuh tanpa sepengatuan yang punya informasi.

Istilah telik sandi sendiri muncul sudah sejak lama dari zaman Indonesia masih berbentuk kerajaan kerajaan,salah satu tokoh telik sandi yang mbah daur pernah baca dan masih ingat sampai sekarang adalah seseorang yang bernama “ rase ‘’ telik sandi dari mahapatih gajah mada yang terkenal itu,berikut cerita rase sang telik sandi dari majapahit.


Jadi kesimpulanya adalah telik sandi dan spionase adalah sama baik dari segi kegiatanya maupun maksud dan tujuanya,hanya perbedaan nama tersebut dikarenakan istilah spionase bekembang pada peradaban modern dan merupakan istilah international sementara telik sandi adalah istilah dari zaman dulu ketika masih zaman kerajaan.

Ada juga beberapa alas an kenapa tim / unit yang tugasnya melakukan kegiatan memata matai dan mencuri informasi dari orang lain pada zaman kerajaan disebut telik sandi,yaitu berasal dari dua suku kata telik dan sandi,telik dalam bahasa sansekerta berarti pasukan atau unit kerja sementara sandi dalam bahasa sansekerta adalah rahasia.

Telik sandi berarti pasukan rahasia yang berfungsi untuk mengambil informasi dan memata matai orang lain dengan cara rahasia tidak kasat mata kalau tidak rahasia dan semua orang tahu telik sandi ini yaa berarti bukan telik sandi namanya..hehehe

bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.