Tips memilih sangkar burung kenari. - Mbah Daur -->

Tips memilih sangkar burung kenari.

Monday, February 15, 2016

Tips memilih sangkar burung kenari.

Tips memilih sangkar burung kenari.

Tips memilih sangkar burung kenari atau istilah lainya tips memilih kurungan untuk burung kenari ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya yang belum lama ini punya momongan baru yakni burung kenari,tak tanggung tanggung langsung dua ekor sekaligus lho,namanya neny dan cindy yang sekarang menjadi selingkuhan saya.

Kembali lagi tips memilih sangkar untuk burung kenari kesayangan anda,pada intinya sangkar yang kita siapkan untuk burung kenari kesayangan kita itu harus bisa menciptakan suasana nyaman,aman,tentram bagi burung kenari tersebut,istilahnya adem,tentrem kerto raharjo hahaha.
Hlo emang iya kan,percuma kalau kita beli atawa bikin kandang untuk burung kenari dengan biaya mahal,tapi tidak bisa memberikan perasaan aman,nyaman dan tentram buat calon penghuninya,kan sia-sia semuanya.

Kandang burung kenari.

Sejenak kita arahkan fokus kita pada kandang burung kenari,setuju kah kalau kita menggunakan istilah kandang...? atau anda tertarik dengan isitilah sangkar...? juga boleh asal jangan terbiasa menggunakan istilah kurungan ya,sepertinya kok gimana gitu kesanya kalau kurungan,walaupun artinya juga tetep sama,alias sama-sama untuk mengurung kebebasan burung itu.

Kandang,sangkar atau kurungan burung adalah sebuah bentuk alat yang berfungsi untuk mencegah burung agar tidak bisa bebas bergerak atau terbang liar,pada era sekarang sangkar,kandang maupun kurungan sudah bisa dijadikan sebagaimana layaknya rumah baru bagi burung piaraan,dimana burung bisa hidup tenang tanpa takut ada gangguan pemburu seperti ketika dihutan,bahkan burungpun dapat dengan mudah menemukan pasangan untuk selanjutnya membina rumah tangga,berkembang biak layaknya di hutan luas.

Jika kita berharap kandang,sangkar atau kurungan burung kesayangan kita bisa menjadi rumah baru bagi burung tersebut maka sekali lagi kita mesti memperhatikan beberapa aspek penting agar kita tidak salah dalam memilih atau membuat sangkar burung kesayangan kita,misalnya dalam hal ini burung kenari.
Tips memilih sangkar burung kenari.
Tips memilih sangkar burung kenari.

Tips membeli atau membuat sangkar burung kenari.

Dalam pemilihan sangkar burung kenari yang baik perlu diperhatikan ukurannya. Sangkar burung kenari yang kebesaran akan membuat pola gerak burung kurang menarik karena nampak kelonggaran. Sebaliknya, sangkar burung yang terlalu kecil akan menjadikan burung menjadi malas bergerak dan malas berkicau, selain itu juga kurang menarik untuk dilihat.

Sebenarnya ukuran sangkar burung kenari yang sangat ideal untuk menempatkan burung kenari adalah sangkar yang berukuran 35x35x60 cm atau 38x38x65cm. Sangkar dengan ukuran tersebut akan nampak menarik jika dilihat. Apalagi jika dihiasi ukiran atau jenis sangkar kosan akan nampak menarik sekali. Akhir-akhir ini Sangkar Ukir dan Sangkar kosan banyak diburu para pecinta burung sehingga kedua sangkar tersebut menjadi sangat populer sekarang ini.

Dari beberapa uraian diatas,sekilas ingin saya kumpulkan beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan ketika ingin membeli atau membuat sangkar burung untuk kenari.
  • Material : pilih material yang sederhana,tidak perlu terlalu mahal tapi juga jangan terlalu murah,karena kualitas dan daya tahan material juga seiring dengan biaya yang mesti dikeluarkan,artinya material bambu untuk jari-jari atau jerujinya sudah cukup,tidak perlu sampai harus menggunakan material besi atau fiber,karena selain pasti biayanya akan lebih mahal,toch burung kenari tidak sekuat itu kalaupun di tabrak.
  • Ukuran : tentukan ukuran idealnya,jangan terlalu besar juga jangan terlalu kecil,yang sedang-sedang saja,kaya lagu dangdut itu lho,semua yang serba sedang-sedang itu memiliki nilai keunikan tersendiri.
  • Warna : bijaklah menentukan warna dari sangkar yang akan kita buat nantinya,mungkin boleh warna gelap misalnya hitam,atau warna dasar seperti halnya bambu atau kayu pinus,mungkin kurang tepat jika kita memilih warna untuk sangkar burung kita dengan warna pink atau biru terong ya kan.


Demikian.
bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.