Jarak ideal antara rumah dan kantor tempat kerja. - Mbah Daur -->

Jarak ideal antara rumah dan kantor tempat kerja.

Tuesday, October 6, 2015

Jarak ideal antara rumah dan kantor tempat kerja.

Jarak ideal antara rumah dan kantor tempat kerja.

Rekan mbah daur semua,sebagian besar masyarakat kita adalah pekerja,ada yang sebagai buruh tani,nelayan,pedagang,petani sampai sebagai buruh di pabrik-pabrik,yang notabene memulai pekerjaan pada pagi hari dan akan pulang kembali setelah sore tiba.

Rutinitas itu terus berulang hari kehari,bulan ke bulan sampai tahun berganti,nah yang masih menjadi pemikiran saya adalah,bagaimana jika seorang buruh yang setiap harinya harus kekantor sementara jarak antara rumahnya dengan kantor itu belasan hingga puluhan km,yang tidak bisa di tempuh hanya dalam belasan menit..apakah mereka tidak mengalami capek yang menahun,habis waktunya dijalan,dsb.

Jika memang jarak antara rumah dimana kita tinggal dengan lokasi kita bekerja terlalu jauh apa sich dampaknya,atau bagaimana dampaknya jika rumah kita terlalu dekat dengan lokasi kantor tempat kita bekerja,intinya bagaimana kriteria atau berapa jarak ideal antara rumah dengan kantor tempat kita bekerja.

Jarak kantor dari rumah.

Pada tahun 2014 yang lalu saya menghabiskan waktu setahun lebih untuk bekerja disebuah bengkel yang letaknya lumayan jauh dari rumah tempat tinggal saya,kalau di hitung jaraknya itu sekitar 20-30km,dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 -2 jam dengan mengendarai motor.

Berangkat dari rumah jam 6.30 itu akan sampai di kantor 08.30 bahkan bisa sampai lebih jika kondisi jalan sedang macet,kemudian pulang dari kantor jam 17.30,bisa sampai rumah itu jauh lebih lama dari jam berangkatnya,kira-kira sampai rumah jam 8 sampai jam 9an malam.

Awalnya saya tidak merasakan jarak itu sebagai beban,saya jalani dengan wajar,tapi lambat laun saya merasa ada yang hilang dalam keseharian saya jika dibandingkan dengan sebelum saya bekerja jauh tersebut,mulai dari situ saya mencoba mencari tau,berapa jarak ideal kantor tempat kita bekerja dengan rumah tinggal kita.
mbah daur
jarak kantor ideal

Kriteria jarak ideal kantor dengan rumah.

Dari beberapa analisa pribadi dari pengalaman saya,saya memiliki beberapa poin yang perlu menjadi perhatian agar kita tau jarak ideal sebuah kantor dengan rumah,diantaranya adalah :
  • Jarak tempuh,kalau menurut saya jarak ideal dari kantor dengan rumah adalah di kisaran 0 – 1 km bagi mereka yang pejalan kaki,1 – 5km bagi mereka yang bekerja mengendarai sepeda,5-20km bagi pengendara motor roda dua,dst.
  • Waktu tempuh,waktu tempuh yang menurut saya ideal untuk sampai lokasi kantor adalah tidak lebih dari 1 jam dengan mengendarai motor,mungkin bisa saja jarak tempuhnya dekat tapi karena ada beberapa titik lokasi macet maka akhirnya menempuh waktu yang sangat lama,ini tidak ideal,atau bahkan jaraknya jauh tapi bebas dari macet maka bukan tidak mungkin ini malah jadi ideal.
  • Rute tempuh,kenali rute tempuh dari rumah ke kantor,mulai dari tekstur jalanan,lokasi rawan kecelakaan,lokasi rawan macet,rawan banjir atau longsor misalnya,pastikan kondisi jalanan masih aman jika kita menlintasinya pada saat pulang kerja malam,jika semua sudah kita pastikan aman maka jarak antara rumah kita dengan lokasi kantor bisa disebut ideal.

Hmmm gimana menurut anda,jarak ideal dari rumah tempat kita tinggal dengan kantor.


bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.