Home » » Serunya Bertaman bersama anak.

Serunya Bertaman bersama anak.

Serunya Bertaman bersama anak.

Rekan mbah daur semua,aktifitas atau kegiatan bertaman memang sangat mengasikan,terlebih ketika kita melakukanya dengan keluarga tercinta,seperti yang sering kami lakukan pada setiap ahir minggu di rumah kecil nan sederhana milik kami.

Kegiatan bertaman yang sering kami lakukan meliputi,menanam bunga,sayuran,TOGA,memotong rumput,mengganti tanah yang sudah tua dsb,yang jelas ada rasa dan nilai yang luar biasa kami dapatkan,kami jadi lebih akrab dengan keluarga yang lain,dan nilai – nilai positif lainya.

Bertaman sekaligus rekreasi.

Manfaat dari kegiatan bertaman salah satunya adalah rekreasi,mengapa saya katakana rekreasi,setelah seminggu saya melakukan kegiatan rutin bekerja di kantor dan juga mengurus,mengajar tempat kursus,maka pada ahir minggu tepatnya sabtu pagi atau minggu pagi adalah waktu yang tepat untuk saya mengistirahtakan badan dan pikiran sejenak dengan kegiatan bertaman,ditemani dengan putrid saya dan istri saya,kami saling berbagi tempat untuk ditanami dengan bunga kesukaan masing – masing.

Kebutuhan rekreasi bagi masyarakat kota sudah merupakan hal yang pokok,jika kita kurang dalam kegiatan rekreasi maka otak dan pikiran kita akan mudah terjangkit oleh stress dan depresi yang luar biasa sulit untuk di obati ( hahaha ngeri kan..? ) maka kita perlu untuk meluangkan waktu barang sejenak untuk member kesempatan otak dan pikiran kita beristirahat,nah dengan kegiatan bertaman bisa menjadi solusinya.

Bertaman dan pendidikan.

Pendidikan terhadap anak dibagi menjadi dua bagian yakni formal dan non formal,pendidikan formal adalah pendidikan yang di  dapat oleh anak pada saat mereka di bangku sekolah,sedangkan pendidikan nonformal adalah pendidikan yang mereka dapatkan diluar lingkungan sekolah,seperti halnya kegiatan bertaman merupakan kegiatan pendidikan yang termasuk dalam ruang lingkup nonformal,mengapa saya katakana bahwa bertaman merupakan pendidikan nonformal..?

Dengan bertaman kita bisa mengajarkan kepada anak tentang nama dan jenis bunga,pohon,sayuran,dsb,kita juga bisa mengenalkan terhadap mereka tentang bagaimana sebuah pohon mencari makananya agar tetap subur dan bertumbuh kembang dengan baik,kita bisa mengajarkan kepada mereka cara merawat pohon agar terhindar dari hama pengganggu dsb.

Keluarga harmonis.

Meski ini bukan satu – satunya faktor yang menyebabkan atau menimbulkan terciptanya keluarga yang harmonis,tapi saya mempercayai bahwa bertaman dapat mendukung terciptanya keluarga harmonis,bayangkan jika kita memiliki taman yang indah dan terawat oleh kita sendiri dan keluarga,pada momen – momen tertentu kita bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan taman,sebelah kita ada istri kita dan anak – anak kita yang riang bermain,semua pasti akan terasa indah dan luar biasa.


Dan untuk itu saya mengajak rekan – rekan semua untuk selalu menjaga aktifitas berkebun dan bertaman,meski areal yang bisa kita manfaatkan hanya sedikit,terutama rekan – rekan yang tinggal di areal komplek perumahan,tapi saya yakin jika kita mampu menjaga aktifitas tersebut maka nilai positif akan kita dapatkan,bukan hanya untuk kita pribadi,tapi untuk keluarga kita dan tetangga kita semua.
indahnya bertaman bersama keluarga
Taman Keluarga

Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 1:55 PM

0 comments:

Post a Comment

info lainya