Home » » Komponen Motor yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan.

Komponen Motor yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan.

Komponen Motor yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan.

Musim hujan telah tiba,setiap hari wilayah kita diguyur hujan,dengan intensitas kecil,sedang bahkan lebat,durasinya pun berbeda-beda,sebentar,sedang bahkan ada yang sangat lama sampai bisa berhari-hari,kondisi ini tentu sangat perlu untuk diperhatikan bagi para pengendara motor ( bikers ) karena jika kita tidak hati-hati dan waspada serta tidak mempersipakan kendaraan kita dengan benar maka bukan tidak mungkin petaka yang akan menghampiri kita.

Cek,kontrol dan Service.

Melakukan pengecekan,pengontrolan dan service apabila ada kerusakan adalah cara yang paling jitu untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat datangnya musim penghujan tersebut,nah hal-hal mana yang perlu dan penting untuk di kontrol adalah sbb :
  • Ban

Ban yang sudah gundul akan sangat fatal,dapat mengakibatkan motor dapat tergelincir dijalanan,terlebih dengan kondisi aspal yang basah apalagi berlumpur,pilih ban yang memiliki strip/ulir untuk musim hujan istilahnya ban basah.cek juga tekanan angin,tidak boleh terlalu keras dan juga jangan terlalu kempes.
  • Kanvas rem dan piston cakram rem

Rem motor adalah alat untuk mengurangi kecepatan kendaraan bermotor,sangat berbahaya jika kita berkendara dengan kondisi rem yang tidak bagus ( blong ),cek ketebalan kampas rem baik rem belakang maupun kampas rem depan,dan juga minyak rem jika perlu juga diperhatikan.
Segera ganti jika sudah tipis,segera ditambah minyak remnya jika memang sudah berkurang.
  • Rantai

Bagi sebagian motor roda dua yang menggunakan rantai,melakukan pengecekan terhadap rantai sangat penting,terlebih pada masa musim penghujan seperti saat ini,rantai yang berkarat dapat mengeluarkan suara berisik,dapat mengeyebabkan gear cepat aus bahkan rontok,apalagi rantai yang sudah tua,sebaiknya segera diganti.
Cek rantai kendaraan anda,jangan terlalu tegang,jangan juga terlalu longgar,lumasi dengan oli rantai setelah terkena hujan dengan terlebih dahulu mencucinya setelah terkena hujan.
  • Busi

Komponen lain yang vital saat musim penghujan adalah busi motor. Setelah Anda membersihkan motor Anda, ada baiknya Anda mencabut kop atau karet penutup busi untuk kemudian ditiup atau dibersihkan dengan lap. Begitu pun dengan kabel serta businya. Pasalnya, jika busi motor basah, akan menghambat pengapian ketika motor dinyalakan. 
  • Kabel body

Hindari kabel body dan socketnya dari air karena bisa menyebabkan konslet sehingga bisa merusak komponen kelistrikan pada motor.

Demikian beberapa kompenen atau bagian-bagian dari kendaraan bermotor yang pelu selalu diperhatikan,terlebih ketika musim hujan seperti saat ini,ingat selalu waspada dan hati-hati,jangan ngebut,keluarga anda menanti kedatangan anda dirumah anda masing-masing dengan selamat.


Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 10:37 AM

0 comments:

Post a Comment

info lainya