Antara Pasir dan Kecelakaan Bermotor. - Mbah Daur -->

Antara Pasir dan Kecelakaan Bermotor.

Monday, February 2, 2015

Antara Pasir dan Kecelakaan Bermotor.

Antara Pasir dan Kecelakaan Bermotor.

Pasir merupakan sumber kekayaan alam yang banyak sekali terkadung didalam perut dan permukaan bumi nusantara ini,ada pasir kali,ada pasir pantai,pasir gunung dsb,semuanya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan tetentu oleh manusia.

Jika manusia bijak dalam mengolah dan memberdayakan sumber alam pasir tersebut tentu bermanfaat,tapi jika tidak,maka bencana yang akan menghampiri manusia,banyak bencana yang disebabkan oleh amukan pasir ini,longsor dimana-mana,banjir yang gampang sekali meluap akibat pengerukan pasir kali yang brutal.

Cerita kali ini mbah daur ingin menceritakan sebuah bencana,tapatnya sich kecelakaan yang disebabkan oleh pasir yang tidak tertata rapi alias berserakan ditepi jalan raya,ya pasir dapat mengakibatkan kecelakaan bermotor.

Kecelakaan motor akibat pasir.

Pagi itu udara sedikit hangat karena matahari masih malu-malu menampakan diri,karena semalaman wilayah tangerang diguyur hujan meski dengan intensitas rendah tapi durasi yang sangat lama,bukan Cuma tanah saja yang masih meninggalkan genangan air,bahkan dijalan raya pun masih sering terlihat genangan air tersebut di beberapa titik jalan aspal yang berlubang.

Tiba-tiba...crittttt....prak...!!! suara keras derit ban dan benturan terdengar nyaring didepan mbah daur,mungkin hanya beberapa meter saja,dan....nampaklah sebuah sepeda motor dan seorang pengendaranya tergolek daiatas aspal yang lembab tersebut,sementara ada sebuah truk yang dengan cepat dipacu oleh sopirnya ( mungkin hendak kabur ria ).

Serentak mbah daur menepikan motor,setelah mematikan motor dan menguncinya mbah daur menghampiri korban kecelakaan tersebut dan memapahnya ketepi jalan,kemudian ada beberapa ibu-ibu yang dengan sigap juga memberikan pertolongan pertama dengan membersihkan luka-lukanya dengan cairan alkohol dan kapas,ada beberapa rekan pengendara yang lain ikut membantu menepikan motor yang pecah cenderung hancur pada bagian depanya tersebut.

Setelah beberapa menit,mbah daur bisa berkomunikasi dengan pengendara tersebut,dan beliau mulai bercerita tentang kronologi sampai akhirnya terjadi kecelakaan tersebut.

"Saya jalan dengan kecepatan sedang mbah,sekitar 40 – 50km/jam,saya mengambil posisi sebelah kiri,meskipun saya tau kondisi jalan sepi tapi saya tidak berpikir untuk kencang,tiba-tiba ada mobil truk yang gak tau darimana muncul aja di depan saya kurang lebih 6-10m depan saya,saya kemudian melakukan pengereman,bahkan saya sampai saya ayun rem saya ( maksudnya dikocok remnya ),tapi karena saya posisi di kiri dan sebelah kiri itu banyak pasir,motor saya bukanya berhenti di rem,ini malah goyang,sampek kurang 2m motor gak mungkin saya kuasai lagi akhirnya motor saya lepas,dan saya menjatuhkan diri,karena pikir saya kalau saya terus diatas motor,dan saya jatuh dibawah kolong mobil malah lebih fatal akibatnya."

Ookh jadi begitulah cerita single acident atau kecelakaan tunggal motor tersebut,yang bukan hanya disebabkan oleh truk yang parkir sembarangan tapi juga lantaran pasir yang banyak berserakan diatas jalan aspal,sehingga pengendara motor tersebut tidak bisa maksimal melakukan pengereman,maka terjadilah kecelakaan tersebut.
Antara Pasir dan Kecelakaan Bermotor.
Antara Pasir dan Kecelakaan Bermotor.



Semoga ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua,untuk selalu hti-hati dan waspada ketika berkendara,hindari kebut-kebutan dijalan,ingat keselamatan anda,istri,anak dan keluarga tercinta setia menunggu dirumah,berdo’a sebelum melakukan perjalan adalah hal utama.
bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.