Kreasi Uang untuk Mahar Pernikahan. - Mbah Daur -->

Kreasi Uang untuk Mahar Pernikahan.

Tuesday, December 23, 2014

Kreasi Uang untuk Mahar Pernikahan.

Kreasi Uang untuk Mahar Pernikahan.

Pada sebuah prosesi perkawinan ada suatu prosesi yang bernama pemberian mahar dari seorang calon pengantin pria untuk calon pengantin wanita,mahar atau istilahnya mas kawin ini bisa berupa benda,perhiasan,kendaraan,rumah,ada juga yang berupa sejumlah uang bahkan deposito pun bisa menjadi mahar sebuah pernikahan.

Mengapa harus ada mahar dalam setiap perkawinan,..?
Bagaimana bentuk atau wujud dari mahar itu ketika diserahkan kepada calon pengantin wanita..?

Sebelum menjawab pertanyaan seputar mahar tersebut diatas,sebaiknya kita ulas tentang pengertian mahar dalam sebuah perkawinan,namun ulasan ini mbah daur ambil dari kacamata pribadi sebagai seorang muslim,mungkin untuk yang beragama lain pengertian tentang mahar itu berbeda,atau mungkin malah tidak ada mahar dalam proses perkawinan mereka.
AutoCAD Tangerang
Kreasi Uang untuk Mahar Pernikahan.

Pengertian mahar perkawinan.

Secara umum Mahar merupakan sesuatu yang diberikan calon suami kepada calon isteri berupa harta atau bentuk lainnya sebagai salah satu syarat dalam pernikahan, yang bertujuan sebagai ketulusan hati calon suami untuk menimbulkan rasa cinta kasih bagi sang isteri kepada calon suami. 

Jadi makna mahar lebih dekat kepada syari’at agamadalam rangka menjaga kemuliaan peristiwa suci. Salah satu dari usaha Islam ialah memperhatikan dan menghargai kedudukan wanita, yaitu memberinya hak untuk memegang urusannya. Di zaman Jahiliyah hak perempuan itu dihilangkan dan disia-siakan. Semua ini memang sudah di perintahkan bagi ummat islam seperti diterangkan dalam alqur’an dan hadits.

Bentuk mahar.

Mahar memang memiliki banyak sekali jenis ragam dan coraknya,salahsatu yang sekarang terus semakin tenar adalah memberikan mahar dalam bentuk uang,tidak hanya memberikan uang yang dikemas dalam amplop misalnya,tapi akhir-akhir ini mahar dalam bentuk uang akan dikemas dalam bentuk yang semakin indah dan kreatif seperti contoh dibawah ini.

Membuat kreasi dari uang kertas dan logam yang dipadu padan sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah bentuk mahar yang luar biasa cantik,kemdudian setelah diberi bingkai yang cantik pula maka terciptalah sebuah mahar yang penuh dengan kreatifitas.

Kreasi uang ini bisa jadi menggantikan uang mahar yang telah disepakati,sekaligus dapat menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan diantara kedua mempelai,bahkan ada beberapa prosesi perkawinan yang sudah menggunakan mahar berupa emas,tetapi tetap membuat kreasi dari kombinasi uang kertas dan logam agar menjadi kenangan setelah nanti menjadi sebuah keluarga.

Demikian.


bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.