Tips Mengkonsumsi Mie Instant - Mbah Daur -->

Tips Mengkonsumsi Mie Instant

Monday, August 4, 2014

Tips Mengkonsumsi Mie Instant

TIPS MENGKONSUMSI MIE INSTANT.

Tips Mengkonsumsi Mie Instant
Tips Mengkonsumsi Mie Instant
image by. Google

Apakah rekan-rekan mbah daur yang membaca tulisan ini termasuk penggila atau maniak mengkonsumsi mie instant…? Jika jawabanya iya maka tidaklah beda dengan mbah daur hehehe.

Mi instan adalah mi yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu - bumbu yang sudah ada dalam paketnya.


Sejarah Singkat Mie Instant.

Mi instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada 1958, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi produk mi instan pertama di dunia Chicken Ramen(ramen adalah sejenis mi Jepang) rasa ayam. Peristiwa penting lainnya terjadi pada 1971 ketika Nissin memperkenalkan mi dalam gelas bermerek Cup Noodle. Kemasan mi adalah wadah styrofoam tahan air yang bisa digunakan untuk memasak mi tersebut. Inovasi berikutnya termasuk menambahkan sayuran kering ke gelas, melengkapi hidangan mi tersebut. Menurut sebuah survei Jepang pada tahun 2000, mi instan adalah ciptaan terbaik Jepang abad ke-20, (Karaoke di urutan kedua dan CD hanya di urutan ketiga). Hingga 2002, setidaknya ada 55 juta porsi mi instan dikonsumsi setiap tahunnya di seluruh dunia. ( sumber : Wikipedia ).

Dibalik rasa yang nikmat,gurih dan cara penyajianya yang simpel tidak memerlukan banyak waktu,sebenarnya terlalu sering mengkonsumsi mie instant memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Cara yang tepat untuk menghindari dampak buruk dari mie instant adalah berhenti mengkonsumsinya,tetapi jika kita “ terpaksa “ mengkonsumsinya maka mbah daur memilki tips dan trik yang mudah-mudahan bisa meminimalisir dampak buruk tersebut.

Tips sehat mengkonsumsi mie instant.

Berikut adalah tips sehat dan aman untuk mengkomsumsinya :
1. Gunakan air bersih untuk memasak mie,jangan gunakan air sisa rebusan mie.
2. Masukan mie ketika air yang direbus sudah mendidih.
3. Masaklah mie hingga matang, jangan dimasak setengah matang karena masih ada zat lilin yang melapisi lapisan mie belum lepas.
4. Jika anda membuat mie goreng maka pisahkan mie dengan air rebusan mie hingga mie sedikit kering, namun jika anda membuat mie rebus maka jangan memakai air rebusan sebagai kuah tapi masaklah air bersih lagi untuk kuahnya.
5. Gunakanlah sebagian dari bumbu bawaan mie saja, karena bumbu bawaan mie mengandung banyak pengawet. Dan alangkah baiknya anda mengunakan bumbu buatan sendiri untuk merendahkan konsumsi pengawet pada bumbu.
6. Pakai minyak zaytun sebagai pengganti minyaknya.
7. Minum habbasy oil 1 - 2 kapsul 1 jam sebelum konsumsi mie instan agar kadar toksin pengawet, penyedap, dan lilinnya bisa tereduksi.


Demikian tips dan trik mengkonsumsi mie instant agar terhindar dari efek buruk yang ditimbulkanya.
bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.