Memaknai Hakikat Tambal Sulam. - Mbah Daur -->

Memaknai Hakikat Tambal Sulam.

Friday, August 8, 2014

Memaknai Hakikat Tambal Sulam.

Memaknai Hakikat Tambal Sulam.

Memaknai Hakikat Tambal Sulam.
image by. Google

Tambal sulam adalah sebuah sebuah kalimat yang memiliki makna konotasi maupun denotasi tergantung pada tujuan penggunaanya dan pengucapanya,pada kesempatan kali ini mbah daur ingin mencoba mengajak rekan-rekan mbah daur untuk mengulas perihal tambal sulam tersebut.

Kita mungkin sering kali mendengar bahkan mengucapkan kata-kata tambal sulam,secara sadar maupun tidak sadar kita menggunakan kata-kata tambal sulan dengan makna denotasi maupun makna konotasi.


Pengertian umum tambal sulam.

Tambal sulam adalah suatu istilah untuk menunjukkan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk melakukan penggantian,pembaruan,premejaan,penutupan lobang yang sebelumnya tidak berlobang dsb,secara garis besar tambal sulam berarti mengganti yang sudah rusak dengan yang baru tetapi masih sejenis,atau hanya memperbaikinya saja.

Denotasi dari tambal sulam.

Makna denotasi merupakan makna kata yang sesuai dengan makna yang sebenarnya atau sesuai dengan makna kamus yang sudah di sahkan oleh pemerintah dan juga oleh masyarakat umum.makna denotasi secara umum terbagi menjadi 3 kategori diantaranya :
  1. Makna konseptual yaitu makna yang sesuai dengan hasil observasi (pengamatan) menurut penglihatan, penciuman, pendengaran, perasaan, atau pengalaman yang berhubungan dengan informasi (data) faktual dan objektif.
  2. Makna sebenarnya, umpamanya, kata kursi yaitu tempat duduk yang berkaki empat (makna sebenarnya).
  3. Makna lugas yaitu makna apa adanya, lugu, polos, makna sebenarnya, bukan makna kias.

Contoh penggunaan kalimat tambal sulam dengan makna denotasi : 
  • Nelayan – nelayan Madura melakukan tambal sulam terhadap jaring dan jala mereka yang rusak,sebelum mereka pergi untuk berlayar ke esokan harinya.
  • Pak toni melakukan tambal sulam genting rumahnya yang porak poranda terkena amukan angin badai yang terjadi kemaren malam.

Konotasi dari tambal sulam.

Makna konotasi merupakan makna kiasan atau makna yang timbul setelah disusun dalam kalimat,jadi kalimat yang mengandung makna konotasi biasanya bermaksud sindiran halus,berbeda denga kenyataanya,dan tidak ada sangkut paut langsung dengan kalimat yang diucapkan.

Contoh penggunaan kalimat tambal sulam dengan makna konotasi :
  • Pemerintah daerah kabupaten Tangerang melakukan tambal sulam terhadap PERDA nomor 1000 tentang persyaratan membuat,membentuk dan menjalankan tempat-tempat pelatihan Kerja,karena dinilai sudah usang dan banyak yang perlu diganti mengingat kemajuan zaman dan teknologi yang sudah berkembang.

Kseimpulanya : tambal sulam adalah sebuah kalimat yang mewakili dari sebuah kegiatan mengganti,merubah,memperbaharui sesuatu yang dianggap sudah rusak,baik pada obyek nyata maupun pada obyek yang tidak nyata.

Ini versi mbah daur lho...apa versi anda....?

akh ngawur nich mbah daur...tambal sulam ya tambal sulam gak ada konotasi maupun denotasi...


 

bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.