Home » » Ketika Ebola Menggelinding, Manusia Merinding.

Ketika Ebola Menggelinding, Manusia Merinding.

Ketika Ebola Menggelinding, Manusia Merinding.

Ketika Ebola Menggelinding, Manusia Merinding.
Ketika Ebola Menggelinding, Manusia Merinding.
image by.Google

Wabah ebola menjadi hantu kematian yang paling ditakuti akhir-akhir ini,sudah ratusan bahkan ribuan manusia dari berbagai penjuru dunia meninggal lantaran ganasnya penyakit ini,bumi arfrika menjerit,masyarakat dunia lainya menangis ngeri,ya itulah kondisi saat ini penghuni bumi ketika ebola mulai menggelinding siapapun orangnya akan merinding.

Ebola seolah menjadi mesin pembunuh manusia saat ini,tidak mengenal rakyat miskin,kaya,besar atau kecil,laki-laki atau perempuan,dewasa bahkan anak-anak,bukan itu saja,hewan-hewanpun tidak luput dari gelindinganya yang melindas apa saja dan siapa saja,untuk itu perlu kiranya mbah daur mencoba menuliskan beberapa informasi tentang penyakit mematikan tersebut,informasi ini mbah daru dari berbagai sumber.


Apakah penyakit ebola.

Ebola adalah sejenis virus dari genus Ebolavirus, familia Filoviridae, dan juga nama dari penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. Gejala-gejalanya antara lain muntah, diare, sakit badan, pendarahan dalam dan luar, dan demam. Tingkat kematian berkisar antara 80% sampai 100%. Asal kata adalah dari sungai Ebola di Kongo
.
Penyakit Ebola dapat ditularkan lewat kontak langsung dengan cairan tubuh atau kulit. Masa inkubasinya dari 2 sampai 21 hari, umumnya antara 5 sampai 10 hari. Saat ini telah dikembangkan vaksin untuk Ebola yang 90% efektif dalam monyet, namun vaksin untuk manusia belum ditemukan.

Sejauh ini, Ebola adalah penyakit yang paling mematikan diseluruh dunia. Kesempatan untuk hidup jika terinfeksi penyakit ini masih 0% alias tidak mungkin, dan sampai sekarang masih dicari vaksinnya. Penderita biasanya bisa langsung meninggal dalam siklus 6 hari sampai 20 hari, alias sangat cepat. Sekarang bisa dikatakan bahwa Ebola adalah penyakit yang paling dihindari untuk terjangkit diseluruh dunia.

sumber ; wikipedia

Sejarah ditemukanya penyakit ebola.

Ketika Ebola Menggelinding, Manusia Merinding.
Ketika Ebola Menggelinding, Manusia Merinding.
image by.Google

Kengerian akan penyakit mematikan tersebut,menimbulkan teka-teki yang beragam tentang asal muasal pertama kali ditemukanya kasus ebola tersebut,salahsatu yang informasi yang berkembang adalah tentang kematian anak kecil umur 2 tahun di daerah afrika,berikut cupilkanya yang mbah daur dapatkan dari media lain.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof dr Tjandra Yoga Aditama memberi keterangan perihal awal mula Ebola, Senin (11/8/2014),khusus untuk wabah Ebola kali ini, hasil penelusuran dan penelitian mendapatkan bahwa wabah Ebola sekarang ini kemungkinan besar bermula dari seorang anak usia 2 tahun yang meninggal 6 Desember 2013, setelah beberapa hari sakit.

"Anak itu tinggal di desa Gueckedou, Guinea, yang juga dekat Sierra Leonne dan Liberia. Seminggu setelah anak ini wafat, maka Ibu nya juga meninggal dunia, lalu kakak perempuannya yang berusia 3 tahun, lalu neneknya juga wafat. Semua dengan gejala demam, muntah dan diare‎. Penyakit kemudia berkembang luas ke penduduk sekitar, termasuk juga petugas kesehatannya," jelas Tjandra.

Tjandra melanjutkan, sampai saat ini belum jelas dari mana anak 2 tahun itu tertular. Salah satu kemungkinannya adalah tertular dari hewan, mungkin kelelawar, atau dari buah-buahan yang terkontaminasi dari binatang yang sakit ebola.

"Tapi semua penular ini baru hipotesa ilmiah, belum dapat dibuktikan di lapangan," imbuh dia ( sumber : detiknews )

Ada juga beberapa berita tentang pertama kali kasus virus ebola tersebut pertama kali ditemukan,diantaranya adalah :
  • Ebolavirus pertama kali muncul pada tahun 1976 di wabah Ebola demam hemorrhagic di Zaire dan Sudan. Strain Ebola yang pecah di Zaire memiliki salah satu tingkat fatalitas kasus tertinggi dari virus patogen manusia, sekitar 90%, dengan tingkat fatalitas kasus di 88% pada tahun 1976, 59% pada tahun 1994, 81% pada tahun 1995, 73% pada tahun 1996, 80% pada 2001-2002, dan 90% pada tahun 2003. Ketegangan yang pecah kemudian di Sudan memiliki tingkat fatalitas kasus sekitar 50%.
  • Pada tahun 1992, anggota Jepang Aum Shinrikyo pemujaan dianggap menggunakan Ebola sebagai senjata teror. Pemimpin mereka, Shoko Asahara, mengakibatkan sekitar empat puluh anggota Zaire dengan kedok menawarkan bantuan medis kepada korban Ebola dalam upaya dianggap untuk memperoleh sampel virus. Karena virus tinggi morbiditas, itu adalah agen yang potensial untuk senjata biologis.
  • 30 Agustus 2007, 103 orang (100 orang dewasa dan anak-anak tiga) terinfeksi oleh wabah dicurigai demam hemorrhagic di desa Kampungu, Republik Demokratik Kongo. Pecahnya dimulai setelah pemakaman dua kepala desa, dan orang-orang yang 217 di empat desa jatuh sakit. Organisasi Kesehatan Dunia mengirim tim untuk mengambil sampel darah untuk analisis dan menegaskan bahwa banyak kasus hasil '' Ebolavirus''. Kongo terakhir utama Ebola epidemi membunuh 245 orang pada tahun 1995 Kikwit, sekitar 200 km dari sumber wabah Agustus 2007.
  • Pada Maret 12, 2009, teridentifikasi perempuan berusia 45 tahun ilmuwan dari Jerman secara tidak sengaja ditusuk jarinya dengan jarum yang digunakan untuk menyuntikkan Ebola ke laboratorium tikus. Dia diberi vaksin eksperimental pernah digunakan pada manusia. Karena periode puncak untuk wabah selama periode inkubasi Ebola 21-hari berlalu 2 April 2009, dia telah dinyatakan sehat dan aman. Masih belum jelas apakah atau tidak dia pernah benar-benar terinfeksi dengan virus.
  • sumber : News Medical

Penyakit ebola mematikan dan mengerikan,tapi kita tidak boleh putus asa menghadapi dan menanggulangi wabah penyakit tersebut agar tidak terus menggelinding,lalu apa langkah kita untuk menanggulangi minimal mencegah terjadi ebola di negara dan lingkungan kita masing masing,salahsatunya adalah mengetahui cara penyebaran virus ebola tersebut dan gejala-gejala jika sudah terjangkit,ikuti kisah berikutnya.




Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 1:40 PM

0 comments:

Post a Comment

info lainya