Home » » 4 Cara mengambil Keputusan

4 Cara mengambil Keputusan

4 Cara mengambil Keputusan

4 Cara mengambil Keputusan
4 Cara mengambil Keputusan
image by.Googel

Mengambil sebuah keputusan bukanlah hal yang mudah dan juga bukanlah has yang sulit,akan terasa mudah jika kita memang sudah tidak memiliki opsi / pilihan lain,tetapi akan terasa lebih sulit jika kita masih memiliki pertimbangan-pertimbangan lainya,apalgi ditambah dengan ketidak yakinan kita akan hasil dari keputusan yang kita ambil nantinya.

Sebuah keputusan hari ini,detik ini,menit ini adalah investasi dari kehidupan kita kelak,bisa menit berikutnya,jam berikutnya bahkan masa tua kita berikutnya,jadi keputusan yang kita ambil saat ini adalah kunci gerbang kehidupan kita esok kelak.


Mengapa harus mengambil keputusan.

Ketika terlontar sebuah pertanyaan seperti diatas,mengapa kita harus mengambil sebuah keputusan maka jawaban yang tepat adalah ketika kita mempunyai sebuah asa,harapan dan bahkan ketika keinginan kita untuk tetap melanjutkan hidup maka kita akan selalu dipertemukan dengan keadaan dimana kita harus mengambil sebuah keputusan.

4 kategori pengambilan keputusan.

Keputusan yang kita ambil bisa saja terjadi kapanpun,dimanapun dan untuk siapapun,tidak mengenal waktu,usia,tempat,maka mbah daur kelompokan mengambil keputusan itu berdasarkan empat kategori yakni :
  1. Keputusan jangka pendek,yakni keputusan yang kita ambil hanya untuk kepentingan sesaat,yang durasi waktunya sangat singkat,misalnya memutuskan makan diwarung mana,menunya apa,minumnya apa dsb.
  2. Keputusan jangka panjang,yakni keputusan yang kita tetapkan untuk kepentingan waktu yang tidak sebentar,bisa berbulan-bulan,tahun bahkan seumur hidup kita,misalnya memutuskan pembelian rumah,memilih calon istri dsb.
  3. Keputusan mendadak,mengambil keputusan mendadak,seketika atau spontanitas ini biasanya terjadi ketika kita mengalami sesutau diluar dugaan atau rencana kita sebelumnya sehingga dibutuhkan pengambilan extra cepat,bahkan hanya dalam hitungan detik atau menit,misalnya berteduh ketika hujan saat berkendaraan,menghindari tabrakan,atau keputusan-keputusan ketika sedang berolahraga.
  4. Keputusan terencana,ini adalah sebuah proses pengambilan keputusan yang memerlukan waktu untuk menganalisa seluk beluk keputusan tersebut baik dari segi keuntungan maupun dari segi keburukan dampaknya,biasanya keputusan yang terencana ini selalu mendahului keputusan jangka panjang.

Setelah kita mengetahui kategori-kategori pengambilan keputusan dan tujuan yang akan didapat dalam pengambilan keputusan tersebut,maka mbah daur akan mempersempit ruang lingkup bahasan kita pada pengambilan keputusan terencana dan keputusan jangka panjang,karena kedua kategori tersebut memiliki kaitan yang sangat erat.

Mengambil keputusan jangka panjang tidak bisa kita lakukan hanya denan pertimbangan yang singkat,bahkan sangat tidak dianjurkan dengan cara tergesa-gesa,karena keputusan jangka panjang ini sangat menentukan nasib kita dikemudian hari,maka perlu kiranya untuk kita rencanakan terlabih dahulu secara cermat apa yang akan menjadi tujuan jangka panjang kita.

Pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Untuk mempertimbangkan secara cermat sebelum mengambil keputusan tentu bukanlah hal gampang kita perlu benar-benar mempersiapkan segalanya,konsenstrasi penuh dan mengetahui point-point yang perlu diketahui sebelum mangambil keputusan,untuk itu silahkan kunjungi tulisan mbah daur berikutnya tantang 17 pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 11:20 AM

0 comments:

Post a Comment

info lainya