Memulai segalanya dari Idul Fitri. - Mbah Daur -->

Memulai segalanya dari Idul Fitri.

Tuesday, July 29, 2014

Memulai segalanya dari Idul Fitri.

Memulai segalanya dari Idul Fitri.

Memulai segalanya dari Idul Fitri.
Memulai segalanya dari Idul Fitri.

Memulai segalanya dari Idul Fitri merupakan judul yang mbah daur ambil untuk bahan perenungan pada kesempatan kali ini yang bertepatan dengan datangnya bulan syawal yang sering masyarakat umum menyebut dengan istilah hari raya idul fitri atau lebaran.

Idul fitri sering disebut juga dengan hari kemenangan,hari saling memaafkan,hari dimana kita kembali terlahir sebagai fitri,hari dimana seluruh umat muslim disegala penjuru bumi merayakanya dengan penuh suka cita,ditandai dengan pakaian serba baru,makanan dan minuman serba nikmat diatas meja saji dsb.


Tetapi bukan itu yang mbah daur akan ungkapkan,mbah daur ingin menumpahkan pandangan lain dibalik datangnya idul fitri tersebut dari kaca mata priadi mbah daur yang mungkin saja terlupakan oleh rekan rekan mbah daur,tetapi ini mbah daur rasa perlu dan penting sebagai bahan perenungan.

Instrospeksi.

Memulai segalanya dari Idul Fitri.
Memulai segalanya dari Idul Fitri.

Setiap insan manusia diwajibkan untuk selalu instrospeksi atau koreksi diri,baik secara pribadi,keluarga,maupun masyarakat.instrospeksi diri idealnya tidak hanya terjadi pada saat idul fitri atau lebaran saja tetapi setiap waktu setiap saat kita musti selalu menanamkan instrospeksi diri.

Dengan moment idul fitri ini mbah daur mengajak rekan rekan untuk meluangkan waktu berinstrospeksi diri,jika di hari hari,bulan tahun yang sudah lewat kita terlupa untuk mengkoreksi diri,lalu apa saja yang perlu kita koreksi dengan datangya idul fitri tersebut.

  • Amal ibadah : mari dengan datangnya hari raya idul fitri ini kita mengkoreksi diri tentang amal ibadah,perbuatan kita baik terhadap Allah SWT,maupun amal perbuatan dan tingkah laku kita terhadap sesama manusia,bahkan tindak tanduk kita terhadap mahkluk ciptaan Allah dan ligkungan alam sekitar lainya.
  • Financial : financial atau keuangan,mari kita koreksi secara mendalam apakah kita sudah ditempat yang benar dalam hal mencari rizqi keuangan kita dan apakah sudah dijalan yang benar kita membelanjakanya,jika sidah mari kita pertahankan dan lanjutkan serta tingkatkan,jika memang belum pada jalur yang benar mari kita perbaiki dimulai dari sekarang.

Target / tujuan.

Memulai segalanya dari Idul Fitri.
Memulai segalanya dari Idul Fitri.

Jika kita dengan datangnya hari raya idul fitri ini telah berhasil melakukan instrospeksi,mengkoreksi diri sendiri maka selanjutnya kita akan dituntut untuk melakukan penentuan target / tujuan yang akan kita capai ditahun tahun setelah idul fitri ini,tujuan yang meliputi tujuan pribadi,keluarga maupun tujuan masyarakat umum bangsa dan Negara.
  • Amal ibadah : tentukan tujuan apa yang akan menjadi pencapaian rekan rekan semua untuk bulan-bulan berikutnya setelah idul fitri,jika dirasa kurang amal ibadah kita terhadap allah segera tentukan targetnya,minimal yang fardhu baru yang sunnah dsb,jika berkeinginan untuk melaksanakan haji kelak,tentukan kapan tahunya dan langkah apa yang akan ditempuh untuk menggapai tujuan tersebut dimulai dari sekarang.
  • Financial : jika kita sudah menemukan hal-hal yang tidak perlu untuk dilakukan atas financial kita,misalnya pemborosan,foya-foya,dan kebocoran kran keuangan selama satu tahun terdahulu,mulai dari sekarang tentukan target untuk tidak melakukanya dan apa yang akan dilakukan,jika kita setahun belakangan bekerja dengan semangat yang kurang,mulai dari sekarag untuk lebih bersemangat.

Konsistensi.

Memulai segalanya dari Idul Fitri.
Memulai segalanya dari Idul Fitri.

Dari daftar instrospeksi yang kita buat dan target yang telah ditentukan saatnya kita menancapkan hujjah,memaku niat dan mematri dengan kokoh hati nurani pikiran dan tenaga kita untuk melakukan apa yang telah kita sepakati tersebut,tanpa sedikitpun yang akan bisa menggoyahkan niat dan cita-cita kita tersebut.
Konsistensi adalah sbuah prilaku yang teguh pendirian,teguh dengan apa yang menjadi target tujuan yang telah kita tentukan,siap menghadapi pahit manisnya hasil perjalanan demi mewujudkan amanat target yang telah kita buat diatas.

Dengan dimulai dari hal-hal kecil,dimulai dari diri sendiri dan dimulai dari sekarang insya allah semua akan berjalan dan kesuksesan yang kita idam-idamkan senantiasa menjadi hal yang nyata,mari rekan rekan mbah daur semua,dengan datangya hari raya idul fitri tahun ini,bersegeralah kita melakukan instrospeksi diri dengan menyeluruh,tentukan target untuk tahun-tahun kedepan dan berkonsistensilah terhadap itu semua.

Man jadda wa jadda.

Source = mbah Daur.
image by. google


bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.