Dampak Cuti Massal Bagi Perusahaan. - Mbah Daur -->

Dampak Cuti Massal Bagi Perusahaan.

Wednesday, July 30, 2014

Dampak Cuti Massal Bagi Perusahaan.

Dampak Cuti Massal Bagi Perusahaan.

Dampak Cuti Massal Bagi Perusahaan.
Dampak Cuti Massal Bagi Perusahaan.
image by.google

Menjelang hari raya idul fitri hampir seluruh perusahaan di Indonesia memberlakukan cuti massal,libur bersama yang bertujuan memberikan kesempatan bagi karyawanya untuk berkesempatan menikamti hari raya idul fitri dengan khusyuk,yang mungkin saja dimanfaatkan untuk mudik bagi sebagian yang lain.

Dengan adanya cuti massal tersebut hampir dipastikan perusahaan akan berhenti beroperasi,akan berhenti berproduksi ini dapat merupakan sebuah kerugian bagi perusahaan,belum lagi mereka harus tetap membayar upah karyawanya yang libur,bisa saja mereka mengeluarkan dana yang tidak sedikit bisa puluhan hingga ratusan juta rupiah yang mereka keluarkan ketika terjadi cuti massal lebaran,tetapi ini sudah menjadi kesepakatan antara perusahaan dengan karyawan yang diindungi oleh perundang-undangan dan pada kesempatan kali ini mbah daur tidak ingin berpolemik membahasa kerugian perusahaan tersebut,mbah daur justru ingin menyampaikan dampak positif dari adanya cuti massal tersebut bagi perusahaan.


Maintenance.

Maintenance atau perawatan,service atau penggantian alat-alat produksi bisa dilakukan ketika produksi total berhenti bisa dilakukan pada saat cuti massal,karena tidak semua mesin produksi bisa diperbaiki jika perusahaan masih melakukan proses produksi misalnya genset,boiler,instalasi listrik,pipa air dsb.
Dengan adanya cuti massal ini perusahaan juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang ada kaitanya dengan kebersihan,kerapihan,keselamatan dsb,intinya bisa dengan leluasa memperbaiki fasilitas infrastruktur perusahaan agar lebih siap ketika nanti masuk hari kerja kembali sehingga tidak lagi mengganggu proses produksi.

Review dan Evaluasi.

Banya perusahaan yang memberlakukan tutup buku bukan pada akhir tahun dibulan desember tetapi memberlakukan tutup buku setiap periodenya pada saat hari raya idul fitri,tentu dengan adanya cuti massal tersebut mereka team management dapat melakukan evaluasi menyeluruh terhadap apa yang dihasilkan dan yang belum tercapai pada tahun terdahulu.

Dengan moment ini mereka juga dapat menemukan permasalahan mengapa target tidak tercapai dan langkah apa yang akan dilakukan untuk bisa menghasilkan yang lebih baik sesuai dengan target yang ingin dicapai.
Dari instrospeksi mendalam dari seluruh aspek penggerak perusahaan tersebut tentu akan sangat berdampak positif ketika nanti mulai beroperasi kembali dengan optimis yang lebih baik kiranya.

Re-charging.

Cuti massal atau libur bersama dapat merupakan pengecasan/pengisian batre kembali bagi seluruh element pelaku produksi pada sebuah perusahaan,mungkin selama satu tahun pernuh mereka berkutat dengan aktifitas dan rutinitas yang itu-itu saja,rasa bosan,stress,jenuh bisa saja datang menghinggapi mereka,yang akhirnya menimbulkan semangat yang mulai kendor,rasa optimistis yang mulai menurun,ibarat bateray yang sudah mulai abis ataupun soak dengan adanya cuti massal ini dapat menjadi terisi penuh kembali,memiliki power yang lebih dan efeknya akan menjadikan motor penggerak yang tak lagi loyo.


Dari ketiga contoh diatas adalah murni opini dari mbah daur pribadi,yang mbah daur dapatkan dari perusahaan-perusahaan dimana mbah daur dulu bekerja,ada yang salah tolong diperbaiki,jika ada yang benar mungkin hanya kebetulan sekali lagi ini opini pribadi tanpa bermaksud menggurui.
bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.