Makanan dan Minuman Penyebab Gemuk. - Mbah Daur -->

Makanan dan Minuman Penyebab Gemuk.

Monday, February 11, 2013

Makanan dan Minuman Penyebab Gemuk.


Makanan dan Minuman Penyebab Gemuk.
http://mbahdaur.blogspot.com/

Mendengar kalimat gemuk apa yang ada dibenak rekan rekan mbah daur semua,badan yang tambun,besar dengan tumpukan lemak disana sini,sehingga terkadang untuk bergerak pun kesulitan…? Lalu apa kaitanya dengan makanan dan minuman yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kegemukan ( obesitas ).

Gemuk tidak salah jika rekan rekan berasumsi seperti diatas,tetapi kalau kita mau jujur gemuk itu belum tentu sesuatu yang selalu tidak kita inginkan,banyak orang yang kurus melakukan apapun hanya untuk menjadi gemuk,tetapi alangkah baiknya apabila kita memilki badan yang tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk alias sedang sedang saja yang kalau istilah sekarang ideal.
Nah untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal,sesuai antara berat badan dan tinggi badan tentu kita harus hati hati dan waspada dalam memilih makanan dan minuman yang kita konsumsi agar tidak menyebabkan badan kita mengalami kegemukan alias obesitas.

Perhatikan makanan-makanan yang Anda konsumsi. Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung kalori tinggi yang sebaiknya dihindari agar tubuh tidak gemuk :

  1. Es krim
    Kandungan santan, susu, dan gula yang tinggi dalam es krim membuat es krim menjadi salah satu makanan yang membuat kita cepat gemuk. Apalagi es krim sering membuat wanita ketagihan mengkonsumsinya. Akan tetapi, jika Anda memang ingin makan es krim maka sebaiknya pilih es krim yang mengandung susu rendah lemak, dan mengurangi topping yang tinggi lemak dan gula seperti karamel, biskuit, dan krim. 1 cup es krim (144 gr) mengandung sekitar 289 kalori.
  2. Coklat
    Coklat adalah salah satu makanan yang membuat kita ketagihan karena coklat memiliki efek penenang saat stress. Efek tenang ini ditimbulkan dari theobromine yang terdapat dalam coklat. Makan coklat dalam jumlah wajar tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Walaupun demikian, untuk meningkatkan cita rasa, coklat yang di jual di pasaran diberi bahan tambahan, seperti susu, kacang-kacangan, minyak palem, gula dan sebagainya. Bahan-bahan tambahan itulah yang membuat coklat bisa menyumbang sejumlah kalori bila dikonsumsi. 100 gr coklat batangan dapat menyumbang 500 kalori bagi tubuh kita.
  3. Makanan cepat saji
    Makanan cepat saji adalah salah satu makanan yang dapat membuat kita cepat gemuk karena nilai nutrisinya yang tidak seimbang. Makanan cepat saji memiliki kandungan gizi tidak seimbang. “Kebanyakan mengandung kalori tinggi tetapi sangat rendah serat. Juga, tinggi kandungan lemak, gula, dan garam,” demikian ungkap Prof. Dr. Ali Khomsan, Ketua Pasca Sarjana Ilmu Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor. Oleh sebab itu, fast food adalah salah satu musuh utama diet.
  4. Soft drink
    Minum soda sesekali saja memang tidak akan bikin gemuk, namun minuman bersoda dapat membuat kecanduan. Orang yang sudah kecanduan hampir tiap hari minum soda bahkan sehari bisa beberapa kali. Peneliti di University of Texas menemukan bahwa soda meningkatkan risiko obesitas rata-rata 32,8 persen, sedangkan diet coke (soda bebas gula) justru meningkatkan risiko hingga 54,5. Maka soda bebas gula tak selalu sehat. Sebagian besar minuman soda mengandung 250 kalori per 600 ml. Tak ada kandungan nutrisi atau mineral di dalamnya, melainkan hanya gula dan kafein.
  5. Gorengan
    Gorengan adalah salah satu makanan khas Indonesia yang disukai banyak orang. Gorengan membuat rasa lapar kita hilang sementara. Apalagi rasanya guruh dan renyah di lidah. Akan tetapi, gorengan dapat membuat kita cepat gemuk. Gorengan mengandung banyak lemak yang berasal dari minyak. Selain itu gorengan juga mengandung kolesterol, dan dapat memicu penyakit berat seperti penyakit jantung dan stroke. Apalagi, di pinggir jalan, gorengan dibuat dari minyak jelantah yang tidak baik untuk kesehatan.
Berhati-hatilah, kelebihan kalori lebih dari 10 persen setiap hari bisa menyebabkan penumpukan lemak. Kelebihan kalori ini bisa didapat dari junk food, camilan tinggi kalori atau makanan manis. Untuk membakar kelebihan kalori sebanyak 250 kalori, kita harus melakukan olahraga setidaknya 70 menit berjalan kaki biasa. Banyak ya? Maka dari itu, makanlah makanan dengan asupan kalori sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh saja.


bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.