Home » » Cara mendisiplinkan Perut untuk Buang Air Besar.

Cara mendisiplinkan Perut untuk Buang Air Besar.


Cara mendisiplinkan Perut untuk Buang Air Besar.
http://mbahdaur.blogspot.com/
Cara mendisiplinkan Perut untuk Buang Air Besar.

Cara mendisiplinkan perut sepertinya sebuah judul yang langka dalam perbendaharaan bahasa kita,yang sering kita dengar dan kita pahami kedisiplinan itu untuk tingkah laku dan perbuatan,tapi mengapa ada kedisplinan perut dan apa fungsinya mendisplinkan perut bagi kita..?

Cara mendisplinkan perut yang mbah daur maksudkan kali ini adalah sebuah cara atau trik untuk mengatur kebiasaan kebiasaan perut kita baik dari segi makan maupun jadwal pembuangan sampah alias buang air besar yang bahasa lazimnya buang hajat.


Apa kaitanya buang air besar dengan kedisplinan perut…? Berikut ulasanya :

Proses defekasi atau BAB merupakan bagian dari sistem metabolisme, untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna dan diserap oleh tubuh,Bila tidak dikeluarkan secara teratur, maka risikonya adalah penyerapan ulang dari sisa-sisa metabolisme yang umumnya bersifat racun bagi tubuh. Selama bisa teratur setiap hari, sebenarnya BAB tidak harus dilakukan pagi hari. Namun waktu terbaik untuk prosesi buang air besar ( BAB ) adalah pukul 5-7 pagi saat meridian usus berada pada titik paling aktif.

 Jika yang tertarik untuk mengatur jadwal BAB tiap pagi, maka beberapa cara mendisiplinkan perut agar tertur buang air besar ketika pagi hari adalah sbb : 

1. Tanamkan niat di pikiran Setiap mau tidur, katakan pada diri sendiri bahwa besok pagi-pagi sekali akan buang air besar dan yakinkan bahwa hal itu akan menjadi kebiasaan. Lama-kelamaan kebiasaan itu akan terprogram dengan sendirinya jika sejak dari pikiran memang sudah tertanam demikian.
 2. Makan banyak serat Lancar tidaknya proses defekasi sangat dipengaruhi oleh kecukupan serat dalam menu makan sehari-hari. Supaya lancar, perbanyak minum air putih, makan makanan berserat seperti sayur atau buah-buahan, serta kurangi daging-dagingan, makanan pedas dan makanan berminyak.
3. Hindari stres Untuk bisa buang air dengan lancar, usus harus dalam kondisi rileks. Saat stres dan banyak pikiran, gerakan peristaltik usus yang mendorong kotoran keluar dari tubuh akan terganggu sehingga jadwal buang air besar akan berubah dan menjadi tidak teratur.
 4. Jangan dipaksa Meski buang air besar secara teratur itu penting, namun jauh lebih penting lagi untuk tidak memaksakan diri. Apabila dalam beberapa menit tidak keluar juga, maka sebaiknya jangan mengejan karena hal itu akan meningkatkan tekanan darah dan membuat usus mengalami stres.

Nah demikian beberapa cara mendisplinkan perut terutama dalam prosesi pembuangan limbah tubuh kita sehingga kita lebih sehat dan segar menghadapi aktifitas sehari hari,boleh dicoba gan,atawa ada tambahan lain silahkan komentar dibawah postingan ini demi kemaslahatan ummat yang lain gan…
Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 7:15 PM

0 comments:

Post a Comment

info lainya