Ujian Akhir Nasional - Mbah Daur -->

Ujian Akhir Nasional

Monday, April 16, 2012

Ujian Akhir Nasional

Besok ,senin tanggal 16 April 2012 seluruh kegiatan belajar mengajar dan dunia pendidikan nasional tertuju pada satu kegiatan Ujian Akhir Nasional,mbah daur jadi teringat zaman masih sekolah dulu yang sangat deg degan ketika menghadapi ujian akhir nasional kalo dulu namanya evaluasi belajar tahap akhir nasional ( EBTANAS ).

Tapi sekarang EBTANAS dah berubah nama menjadi Ujian Nasional ( UN) atau Ujian Akhir Nasional ( UAN ),sebenarnya yang dimaksdu dengan ujian akhir menurut mbah daur adalah sbb:

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

demikian pengertian singkat mengenai Ujian Akhir Nasional, atau yang lebih populer disingkat UAN,yang dulunya bernama EBTANAS,UN atau UNAS semoga bermanfaat.
bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.