Sambel Korek Tempe goreng. - Mbah Daur -->

Sambel Korek Tempe goreng.

Wednesday, April 18, 2012

Sambel Korek Tempe goreng.

 Sambel Korek Tempe goreng.

Sambel Korek Tempe Goreng.

Cilikanku rambutku, dicukur kuncung
Katokku soko karung gandum
Klambiku warisane mbah kakung
Sarapanku sambel korek sego jagung.

Itu salah satu bait lagu dari didi kempot yang berjudul " kuncung" yang menceritakan tentang salah satu menu tradisional jawa yaitu sambel korek,seperti yang pernah mbah daur ceritakan pada postingan terdahulu pada blog mbah daur tentang sambel korek.

Salah satu variant dari sambel korek adalah sambel korek dengan tempe goreng,nah sekarang mbah daur akan mencoba menceritakan bagaimana prosesnya dan apa saja bahan bahanya:


 Bahan bahanya :
  1. Tempe goreng wudho (wudho=telanjang, tanpa tepung)
  2. Beberapa potong cabai rawit dan cabai merah (sesuai selera)
  3. Beberapa siung bawang putih (sesuai selera)
  4. Garam secukupnya
  5. Wes, ngono thok... :)
Untuk alat perangnya, sebaiknya siapkan:
  1. Ulekan dan cobek
  2. Penggorengan (jika ingin membuat tempe goreng sendiri)
Untuk tempe goreng wudhonya, ada beberapa tips jika ingin membuat sendiri dan agar rasanya lebih gurih dan crunchy. Setelah dipotong, tempenya direndam dulu di larutan garam dan bawang putih. Caranya: Ulek garam dan bawang putih secukupnya hingga halus, lalu campurkan dengan sedikit air matang. Setelah itu aduk rata, lalu celupkan dan rendam tempe yang akan digoreng selama 3-5 menit agar bumbu meresap. Nah, silahkan digoreng deh :)

Langkah selanjutnya, siapkan cobek dan ulekan. Masukkan cabai merah dan cabai rawit, bawang putih dan garam secukupnya. Ulek deh sampai agak halus. Setelah itu masukkan tempe goreng tadi yang sudah dipotong-potong kecil. Ulek bersama sambel korek di cobek sampe semua sambal korek tercampur dengan tempe.
bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.