Home » » Kelompok Kelompok Masyarakat Baduy ( urang Kanekes ).

Kelompok Kelompok Masyarakat Baduy ( urang Kanekes ).

Kelompok Masyarakat Baduy ( orang Kanekes ).

Seperti pada adat istiadat atau susunan kelompok masyarakat lainya di dalam kehidupan masyrakat orang baduy atau urang kanekes juga ada struktur atau kelompok kelompok tertentu,mbah daur coba share dan ulas tentang struktur atau kelompok kelompok masyrakat baduy.






Masyarakat Kanekes secara umum terbagi menjadi tiga kelompok yaitu :

Kelompok tangtu adalah kelompok yang dikenal sebagai Kanekes Dalam (Baduy Dalam), yang paling ketat mengikuti adat, yaitu warga yang tinggal di tiga kampung: Cibeo, Cikertawana, dan Cikeusik. Ciri khas Orang Kanekes Dalam adalah pakaiannya berwarna putih alami dan biru tua serta memakai ikat kepala putih. Mereka dilarang secara adat untuk bertemu dengan orang asing (non WNI).

Kelompok masyarakat kedua yang disebut panamping adalah mereka yang dikenal sebagai Kanekes Luar (Baduy Luar), yang tinggal di berbagai kampung yang tersebar mengelilingi wilayah Kanekes Dalam, seperti Cikadu, Kaduketuk, Kadukolot, Gajeboh, Cisagu, dan lain sebagainya. Masyarakat Kanekes Luar berciri khas mengenakan pakaian dan ikat kepala berwarna hitam.

Kelompok Dangka yaitu suatu kelompok yang tinggal di luar wilayah Kanekes, dan pada saat ini tinggal 2 kampung yang tersisa, yaitu Padawaras (Cibengkung) dan Sirahdayeuh (Cihandam). Kampung Dangka tersebut berfungsi sebagai semacam buffer zone atas pengaruh dari luar
Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 10:33 AM

0 comments:

Post a Comment

info lainya