Home » » Jagoan Pribumi Indonesia.

Jagoan Pribumi Indonesia.

Pada kisah kali ini Mbah Daur ingin bernostalgia tentang cerita masa lalu khususnya kisah para jagoan pribumi asli orang indonesia yang berjuang membela kaum yang lemah demi menghadapi kekejaman kompeni belanda.

1.Si Pitung.( Betawi )

Kisah Si Pitung menggambarkan sosok pendekar Jakarta dalam menghadapi ketidakadilan yang ditimbulkan oleh penguasa Hindia Belanda pada masa itu.
Kisah ini diyakini nyata keberadaannya oleh para tokoh masyarakat Betawi terutama di daerah Kampung Marunda di mana terdapat Rumah dan Masjid lama,Si Pitung merupakan nama panggilan asal kata dari Bahasa Jawa Pituan Pitulung (Kelompok Tujuh), kemudian nama panggilan ini menjadi Pitung. Nama asli Si Pitung sendiri adalah Salihun (Salihoen).

Berdasarkan cerita legenda, Si Pitung dapat dibunuh oleh Belanda dengan beragam argumen tersebut di atas. Menurut Hindia Olanda (18-10-1893:2) sebelum ditangkap Pitung dalam keadaan rambut terpotong, beberapa jam sebelum kematiannya pada hari Sabtu. Seperti yang diceritrakan oleh legenda bahwa kesaktian Si Pitung hilang akibat jimat-nya diambil orang (Versi Film Si Pitung Banteng Betawi), tetapi yang menarik, versi lain menyatakan, bahwa Si Pitung dapat di-"lemahkan" jika dipotong rambut-nya. Berdasarkan koran Hidia Olanda dikatakan bahwa sebelum kematiannya Si Pitung telah dipotong rambutnya.

2.Ji'ih.( Betawi ).

Setelah si Pitung tewas, muncullah Jiih yang sepak terjangnya tak jauh beda dengan si Pitung, merepotkan Kompeni, sebagai pendekar baru yang menuntut balas. Untuk bisa menangkap Jiih, Kompeni menangkap Siti , pacar Jiih. Jiih tak kehabisan akal. Ia culik juga istri Scott Heyne . Terjadilah pertukaran tawanan. Kesempatan ini dipakai Jiih untuk menghabisi nyawa Demang Mester dan kaki tangannya, sementara Scott Heyne melarikan diri.
Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 10:50 PM

2 comments:

  1. kalo saya mengidolakan wiro sableng gan,,,, kapak 212 nya itu lho sangat keren,,,,

    ReplyDelete
  2. eko nunog = wiro sableng murodnya sinto gendeng yo?

    ReplyDelete

info lainya