Bermain Kelereng ( gundu ) Part 1 - Mbah Daur -->

Bermain Kelereng ( gundu ) Part 1

Thursday, April 26, 2012

Bermain Kelereng ( gundu ) Part 1

Bermain Kelereng ( gundu ) Part1


http://mbahdaur.blogspot.com/
Bermain Kelereng
Pada zaman kecilnya mbah daur banyak sekali permainan yang sangat mengasyikan,saking asyiknya sering mbah daur dulu dimarahin ibu atau bapak mabah daur gara gara pulang sekolah langsung maen sama teman teman mbah daur tanpa pulang dan makan dulu.

Salah satu permainan masa kecil yang ada dikampung halaman yang mbah daur suka adalah permainan kelereng,mengapa bermain kelereng menjadi salah satu permainan favorit mbah daur yaitu karena Main kelereng, atau gundu , adalah Suatu mainan yang bahannya terbuat dari gelas kaca. Ukurannya bermacam - macam  ,bundar seperti buah duku atau buah lengkeng.  Warna dan coraknya bermacam-macam. Yang paling banyak bercorak belimbing warna-warni. Cantik sekali. Kalau dikantongi disaku celana sambil kita berjalan atau lari-lari kecil bergerincing bunyinya mengiringi langkah kita. Bertambah banyak bertambah nyaring bunyinya yang menambah gaya dan bangga pemiliknya. Sebagai tanda  menunjukkan dia seorang pemenang bukan pecundang!


Banyak sekali model permainan kelereng yang berbeda beda satu daerah dengan daerah lainya,beberapa jenis permainan kelereng yang sering mbah daur mainkan ketika masih dikampung adalah sbb:

Permainan Segi Tiga ( porces )

Cara permainannya dengan menggambar segitiga sama kaki ditanah kemudian  masing-masing pemain meletakkan sebuah kelerengnya diatas gambaran segitiga tersebut. Buah pasangan namanya, buah kelereng yang dipertaruhkan.  Peserta, tergantung jumlah pemain.  Biasanya paling sedikit tiga pemain  dan paling banyak idealnya enam pemain. Kalau lebih dari itu dibuat dua kelompok. Permainan dimulai dengan cara masing-masing pemain  menggunakan sebuah kelereng sebagai gacoannya lalu melempar buah pasangan tersebut dari jarak dua atau tiga meter .

http://mbahdaur.blogspot.com/
Bermain Kelereng
Pemain secara bergantian melempar  sesuai urutan berdasarkan hasil undian dengan adu sut jari tangan  Pelemparan gaco dilakukan dengan membidik  dan melempar  keras dengan maksud mengenai buah pasangan atau agar hasil lemparan mendarat dilapangan permainan terjauh.

Selanjutnya yang mengawali permainan adalah siapa yang berhasil  mengenai buah pasangan, dialah  mendapat giliran pertama.. Kalau tidak ada  yang mengenai buah pasangan ,maka yang mulai bermain adalah gacoannya yang terjauh. Pemain harus berusaha menghabiskan buah pasangan diporces pada saat giliran bermain. Ada yang sekali giliran main sudah mampu menghabiskan semua buah pasangan. Tanda dia pemain yang terampil.   Berbagai taktik untuk menang dilakukan ,antara  lain kalau  tidak mau memburu gacoan lawan , maka pilihannya  adalah menembakkan gacoan  ketempat yang kosong untuk disembunyikan agar tidak dapat dimatikan oleh lawan-lawan main. Pemain yang mampu menghabiskan buah  pasangan terakhir  dilanjutkan berburu menembak gacoan lawan . Pemain yang gacoannya kena tembak maka gacoannya mati  ,selesailah permainannya pada game tersebut.

bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.