Baduy. - Mbah Daur -->

Baduy.

Saturday, April 28, 2012

Baduy.

Suku Baduy Banten.

http://mbahdaur.blogspot.com/
Baduy

Kali ini mbah daur ingin bercerita tentang salah satu golongan masyarakat yang ada di pelosok lebak banten yang lebih tenar disebut orang baduy,atau suku baduy alias suku kenekes,Sebutan "Baduy" merupakan sebutan yang diberikan oleh penduduk luar kepada kelompok masyarakat tersebut, berawal dari sebutan para peneliti Belanda yang agaknya mempersamakan mereka dengan kelompok Arab Badawi yang merupakan masyarakat yang berpindah-pindah (nomaden). Kemungkinan lain adalah karena adanya Sungai Baduy dan Gunung Baduy yang ada di bagian utara dari wilayah tersebut. Mereka sendiri lebih suka menyebut diri sebagai urang Kanekes atau "orang Kanekes" sesuai dengan nama wilayah mereka, atau sebutan yang mengacu kepada nama kampung mereka seperti Urang Cibeo.

Ada beberapa sumber yang mbah daur pernah dengar dan baca menyebut orang baduy ini dengan sebutan orang kanekes ( urang kanekes ) ini berdasarkan faktor bahwa orang kanekes yang terletak Di desa Kanekes kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Rangkasbitung Banten,nah di desa  Kanekes kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Rangkasbitung Banten inilah terdapat suatu perkampungan yang dihuni oleh masyarakat suku Baduy yang hingga kini masih memegang teguh adat istiadatnya dengan mengisolasi diri dari perkembangan dunia luar,konon orang2 Kanekes mengakui dirinya sebagai turunan Batara Cikal yang merupakan satu dari 7 dewa (batara) yang diutus ke bumi dengan tugas utamanya bertapa tuk menjaga harmoni dunia.

Bahasa yang mereka gunakan adalah Bahasa Sunda dialek Sunda–Banten. Untuk berkomunikasi dengan penduduk luar mereka lancar menggunakan Bahasa Indonesia, walaupun mereka tidak mendapatkan pengetahuan tersebut dari sekolah. Orang Kanekes Dalam tidak mengenal budaya tulis, sehingga adat-istiadat, kepercayaan/agama, dan cerita nenek moyang hanya tersimpan di dalam tuturan lisan saja.

 
bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.