Home » » Hujan ikan vs ikan di tanah kering.

Hujan ikan vs ikan di tanah kering.

Hujan ikan vs ikan di tanah kering.

Rekan mbah daur semua,ketika saya menulis tulisan ini kebetulan cuaca sedang hujan dan saya melihat beberapa anak kecil bermain sepak bola disebuah areal tanah kosong pesawahan yang belum lama di panen padinya.saya jadi teringat berpuluh tahun yang lalu ketika saya masih kecil sering mendengar bahwa air hujan itu sering membawa jatuh ikan hidup dari langit...

Rasa tidak percaya bahwa air hujan itu membawa ikan semakin menjadi jadi ketika saya dulu menemui sebuah tanah kosong yang pada waktu musim kering tanah tersebut tidak ada sumber air sama sekali,bahkan rumput aja mengering dan mati karena tidak ada sumber air disana,tapi mengapa hanya karena ada hujan sekali saja pada tanah kosong tersebut terdapat ikan-ikan yang hidup seperti tidak pernah terjadi kekeringan disana.

Belum lagi kali / sungai yang ada dibelakang persis rumah saya,hanya hitungan hari setelah hujan turun maka kita akan dapati ikan-ikan yang pada waktu belum turun hujan tidak muncul sama sekali,apakah benar kalau hujan itu membawa turun ikan dari langit..?

Atau mungkin ada pertanyaan seperti ini,apakah benar ada hujan ikan..?
Mbah Daur
ilustrasi hujan ikan

Fenomena hujan ikan.

Pada masa sekarang ini banyak sekali fenomena yang pernah terjadi tentang kejadian hujan ikan,bahkan lebih dari lima Negara yang pernah merasakan terjadinya hujan ikan tersebut seperti Negara srilanka,amerika serikat,Ethiopia bahkan di Indonesia sendiri konon pernah terjadi hujan ikan lele tepatnya daerah ponorogo.

Pernah gak kita membayangkan kita berada di suatu tanah lapang kemudian terjadi hujan ikan,gak tanggung-tanggung ikan yang jatuh itu ikan sejenis lele,kerapu atau bahkan ikan layaran yang banyak memiliki senjata-senjata tajam pada tubuhnya,udah gitu ikan yang turun saat hujan tersebut dengan bobot yang lumayan lumayan berat.

Kalau ikan yang turun pada saat terjadi hujan ikan tersebut masih normal berat ikanya mungkin sudah seperti berkah bagi masyarakat,tapi kalau ikan yang jatuh gede-gede kan repot juga,bisa-bisa malah mengakibatkan korban donk.

Tapi bener gak sich ada hujan ikan dari langit,mungkin kita perlu melihat dan membaca beberapa artikel dibawah ini :

Masyarakat umum serta para peneliti yang mencoba menguraikan fenomena hujan ikan, meyakini mengenai hujan ikan ini karena adanya proses penguapan dalam volume yang besar. Yaitu terjadinya tornado dalam ukuran yang kecil atau besar yang dapat terbentuk di darat, juga dapat diakibatkan oleh tornado yang tercipta di perairan, yang dikenal dengan sebutan waterspout. 

Kolom udara ini diperkirakan telah mengisap ikan-ikan serta hewan lainnya yang ada di air kemudian dibawa terbang hingga jatuh di tempat lain yang berjarak cukup jauh. Cuaca ekstrem mengisap ikan ke dalam badai yang kemudian dibawa oleh tiupan angin kencang dalam jarak yang cukup jauh. 

Hewan yang ikut terangkat karena tornado akan jatuh ke permukaan tanah sebagai hujan sesuai dengan berat hewan yang terbawa. Semakin berat hewan yang terbawa, kemungkinan hewan-hewan jatuh dalam jarak yang tak terlalu jauh semakin besar, begitu juga sebaliknya. 

Banyak ilmuwan percaya bahwa badai air (tornadic waterspout) adalah penyebab utama hujan ikan dan katak. Berdasarkan data dari Complete Weather Resource (1997), tornadic waterspout sebenarnya sama seperti tornado pada umumnya; tornadic waterspout mulai terbentuk di daratan tapi kemudian berjalan melewati permukaan air. Sebuah tornadic waterspout memang tidak sekuat badai angin; waterspout bisa berjalan sampai kecepatan 160 km per jam, sedangkan angin tornado bisa mencapai kurang lebih 500 km per jam.

Air yang terbawa akan mengikuti bentuk putaran (atau membentuk linkaran) dan menyembur hampir ke semua arah. Lingkaran air yang berada di posisi paling bawah di sebuah waterspout disebut cascade. Ketika mencapai tahap akhir pembentukannnya, waterspout akan berbentuk seperti terowongan dari atas ke bawah menuju permukaan air.

Dan masih banyak lagi pendapat para ahli tentang fenomena hujan ikan.

Ikan ditanah gersang.

Balik maning ka laptop,mengapa tanah yang semula kering dan gersang hanya dalam sekali terkena hujan langsung bisa muncul ikan,pertanyaanya apakah memang ikan tersebut turun dari langit pada saat turun hujan,atau ada rahasia lain.

Rahasia keberadaan ikan di tanah gersang seperti pesawahan yang sudah pernah mengering,kubangan atau lobang buat berendam kerbau,bahkan pernah terjadi ada ikan yang berada di dalam lobang kayu,seperti ini berita dan informasi yang bisa saya himpun dan saya simpulkan.

Pada saat musim penghujan ikan akan mengalamai suatu fase yang disebut mijah atau bertelur dimana fase sebelumnya adalah fase kawin,nah pada saat fase bertelur inilah ada sebagian jenis ikan yang meletakan atau menempatkan telurnya pada kedalaman lumpur,sementara sebagian ikan lainya menempatkan ikan pada ranting-ranting pohon dan daun.

Seiring waktu maka terjadilah kemarau dimana debit air sedikit demi sedikit berangsur habis,bahkan terkadang sampai dasar tanahnyapun ikut mengering,ketika kondisi seperti ini dapat dipastikan ikan yang berada diatasnya akan mati,kecuali jenis ikan tertentu yang bisa bertahan hidup dalam lumpur dan kedalaman tertentu.

Kembali lagi kemasalah telur ikan tadi,jika telur ikan yang ditempatkan pada ranting atau dedaunan maka resiko untuk mati karena kekurangan air sangat rentang sekali,berbeda dengan yang ditempatkan dibawah tanah atau dilumpur yang terdalam,maka telur tersebut akan terus bisa bertahan karena masih terdapat cuaca dingin didalamnya.

Nah pada saat musim kemarau berakhir dan hujan sudah kembali turun,memenuhi kolam-kolam,pesawahan,tanah lapang dsb maka telur-telur ikan yang ada di bawah lumpur akan serta merta naik kepermukaan dan kemudian menetas dan terbentuk ikan-ikan yang akan kembali kawin dan bertelur seperti generasi-generasi sebelumnya.

Selain telur yang masih hidup tersebut kemudian menetas,ada beberapa spesies ikan yang semula mengurung dirinya didalam lumpur tanah yang dalam,ketika hujan sudah mulai turun maka dia akan bergerak naik kepermukaan untuk mencari makan,dan tentu berkembang biak seperti generasi sebelumnya.
Mbah Daur
ikan hidup di lumpur

Jadi jangan kaget ketika kita menemui sebuah kolam,danau,dsb yang semula kering kerontang tetapi pada saat hujan turun ada terdapat ikan didalamnya,setelah membaca tulisan ini saya hanya mengajukan pertanyaan apakah percaya ikan-ikan yang ada di areal yang dulunya gersang berasal dari hujan,atau dari telur ikan yang sudah lama tersimpan didalam lumpur tanah,tapi semua itu tak luput dari satu hal yakni kuasa TUHAN Allah SWT.

Apa yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak..





Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 13.19

0 komentar:

Posting Komentar

info lainya