Home » » Ojo rumongso biso,nanging biso rumongso.

Ojo rumongso biso,nanging biso rumongso.

Ojo rumongso biso,nanging biso rumongso.

Rekan mbah daur semua,ada banyak sekali kata-kata sakti atau nasehat untuk kita tidak menjadi orangnya yang sombong dan besar kepala,seperti jadilah seperti padi yang semakin berisi akan semakin merunduk,atau kelapa semakin tua semakin memiliki santan,tapi untuk kali ini kita bukan membahas kalimat kalimat tersebut yang sudah tenar di masyarakat Indonesia.

Kalimat yang akan saya tuliskan kali ini walaupun masih dalam kategori kalimat sakti atau petuah,tapi tulisan ini lebih banyak tenar dikalangan masyarakat jawa,begini kira – kiranya, ojo rumongso biso tapi biso rumongso,nah lho ini nich yang seru karena bahasanya di bolak balik lagi.
Ojo rumongso biso,nanging biso rumongso.
Ojo rumongso biso,nanging biso rumongso.

Ojo rumongso biso.

Rumongso biso ini kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya merasa bisa,merasa mampu,merasa jago,artinya seseorang yang merasa bisa atau rumongso biso ini akan selalu merasa yang paling hebat dan paling kuat.

Nah kalau ojo rumongso biso itu artinya jangan sedikitpun ada dihati kita muncul perasaan merasa bisa,merasa jagoan,merasa paling hebat dsb.

Biso rumongso.

Kalau kalimat biso rumongso ini diartikan dalam bahasa Indonesia artinya kira-kira seperti ini,bisa merasakan sakitnya saudara,bisa merasakan sedihnya apa yang sedang menimpa rekan atau kawan,bisa merasa dan menyadari dirinya itu siapa dan orang lain itu siapa,baik secara pangkat,jabatan,ilmu maupun yang lainya.

Kesimpulan dari petuah ojo rumongso biso tapi biso rumongso ini adalah,agar kita selalu menjaga hati,lisan dan pikiran agar tidak menjadi orang yang merasa paling hebat,paling bisa,tetapi agar selalu menjadi orang yang selalu bisa merasa,merasakan bahwa setiap manusia memiliki jabatan dan derajat tersendiri.


Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 08.37

0 komentar:

Posting Komentar

info lainya