Home » » Jalangnya jalanan masa kini.

Jalangnya jalanan masa kini.

Jalangnya jalanan masa kini.

Rekan mbah daur semua,Negara kita tercinta ini banyak sekali memiliki infrastruktur yang bernama jalan itu sangat banyak sekali,mulai dari jalanan yang disebut,jalan protokol,arteri,sampai ke jalan yang digadang – gadang bebas hambatan alias jalan tol,bahkan sekarang ada lagi sebutan untuk jalan – jalan yang “ tidak resmi “ istilah kerenya jalan tikus atau jalan cacing.

Adanya pembuatan jalan yang begitu banyak tersebut sebenarnya bertujuan untuk memperlancar laju transportasi penghubung antar desa,kota bahkan antar propinsi,tapi mengapa hal ini belum berjalan sebagai mana yang kita inginkan,justru terkadang malah membuat masalah transportasi kita terlihat ruwet dan semrawut.

Macet dimana – mana,kecelakaan bermotor kian meninggi,kriminalitas di jalanan semakin menjamur,semua itu seperti berjalan mengikuti samakin banyaknya jalanan yang terbangun,say tidak ingin mencari kambing yang berwarna hitam tentang efek negative dari semakin banyaknya jalanan di Indonesia ini,saya hanya ingin mencubit salah satunya yakni tentang tingginya kecelakaan bermotor di jalan raya.

Kecelakaan lalu-lintas

Jalangnya jalanan masa kini.
Jalangnya jalanan masa kini.

Kecelakaan lalu-lintas adalah kejadian di mana sebuah kendaraan bermotor tabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. Kadang kecelakaan ini dapat mengakibatkan luka-luka atau kematian manusia ataubinatang. Kecelakaan lalu-lintas menelan korban jiwa sekitar 1,2 juta manusia setiap tahun menurut WHO. ( Wikipedia ).

Kecelakaan lalu-lintas terutama kendaraan bermotor roda dua,banyak sekali jenis dan kejadianya,ada yang jatuh terpeleset,senggolan dengan pengendara lain,tabrakan lawan arah,tabrak dari belakang dsb,tapi secara garis besar kecelakaan kendaraan bermotor itu disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  • Faktor manusia.

Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan. Hampir semua kejadian kecelakaandidahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja melanggar, ketidaktahuan terhadap arti aturan yang berlaku ataupun tidak melihat ketentuan yang diberlakukan atau pula pura-pura tidak tahu.Selain itu manusia sebagai pengguna jalan raya sering sekali lalai bahkan ugal ugalan dalammengendarai kendaraan, tidak sedikit angka kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena membawa kendaraan dalam keadaan mabuk, mengantuk, dan mudah terpancing oleh ulah pengguna jalan lainnya yang mungkin dapat memancing gairah untuk balapan.
  • Faktor kendaraan.

Faktor kendaraan yang paling sering adalah kelalaian perawatan yang dilakukan terhadap kendaraan. Contoh nya seperti rem blong, setir macet, dll.

Untuk mengurangi faktor kendaraan perawatan dan perbaikan kendaraan diperlukan, disamping itu adanya kewajiban untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor secara reguler.
  • Faktor jalan dan lainnya

Faktor jalan terkait dengan kecepatan, rencana jalan, geometrik jalan, pagar pengaman di daerah pegunungan,ada tidaknya median jalan, jarak pandang dan kondisi permukaan jalan. Jalan yang rusak/berlobang sangat membahayakan pemakai jalan terutama bagi pemakai sepeda dan sepeda terbang.
  • Faktor Cuaca.

Hari hujan juga memengaruhi unjuk kerja kendaraan seperti jarak pengereman menjadi lebih jauh, jalan menjadi lebih licin, jarak pandang juga terpengaruh karenapenghapus kaca tidak bisa bekerja secara sempurna atau lebatnya hujan mengakibatkan jarak pandang menjadi lebih pendek. Asap dan kabut juga bisa mengganggu jarak pandang, terutama di daerah pegunungan.

Kecelakan lalu lintas disebabkan manusia.

Dari beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan bermotor tersebut yang paling bikin saya geram adalah jika sudah mengarah pada faktor manusia ( human error ),karena  jika benar terjadi kecelakaan disebabkan oleh seseorang yang lalai,atau berkendara secara ugal – ugalan,bukan hanya orang tersebut yang menderita,bisa jadi ada orang lain yang terkena imbasnya.

Seperti kejadian beberapa hari yang lalu,kejadian ini tepat sekian meter didepan saya,siang itu memang kondisi cuaca sangat terik dan panas sekali terlebih jam memang tepat pukul 01.00 siang,selepas saya pulang mengajar saya mengendarai “ si biru “ dengan kecepatan sedang cenderung slow,tiba tiba ada beberapa motor yang menyalip saya dengan sikap aroganya,motor yang sengaja dibikin “gede” tampang bikers pokoknya gak pas banget cara menyalipnya.

Baru selesai hati saya menggerutu tiba – tiba dari arah depan saya mendengar orang berteriak dan suara rem berderit keras,terlihat motor para bikers tadi sempoyongan dan sejurus kemudian tergeletak tiduran diatas aspal yang panas,saya terdiam sontak menghentikan laju motor saya,sembari saya berusaha menghentikan laju kendaraan yang melintas,kemudian beberapa pengendara yang lain berinisiatif menolong korban.

Darah mengalir,luka sobek dan lebam disana sini,mereka tidak sadarkan diri,disaat seperti itulah banyak sekali muncul wartawan gadungan yang mencoba mengorek keterangan kenapa sampek terjadi kecelakaan tersebut,gayung bersambut banyak pula warga yang seketika menjadi saksi mata dadakan,padahal mereka hanya menoleh pada saat motor sudah tergolek di aspal,inilah yang menjadi kolaborasi apik untuk menghasilkan berita basi yang simpang siur,wartawan gadungan yang akan menambah dan mengurangi berita,saksi mata dadakan yang seolah – olah melihat kejadian.

Alhasil kecelakaan bermotor yang disebabkan karena menghindari motor di depan yang tiba-tiba berhenti mendadak,tervonis kecelakaan karena pengendara motor tersebut ugal-ugalan yang memacu motor dengan kecepatan tinggi,sementara pemotor yang tadi mendadak berhenti ditengah jalan yang dengan susah payah dihindari meski harus mengorbankan diri,malah asik ngeloyor masuk gang tanpa merasa ada salah apalagi dosa,hmmm.

Berkendara dengan hati-hati dan penuh waspada saja masih sangat rawan terjadi kecelakaan,apalagi sembrono dan tidak waspada,ingat kawan sudah banyak kerugian disebabkan kecelakaan lalu-lintas,bukan Cuma harta dan waktu saja,tapi bisa nyawa yang sebagai jaminan.




Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 09.55

0 komentar:

Posting Komentar

info lainya