Tradisi Mudik Di Mata Kaum Urban. - Mbah Daur -->

Tradisi Mudik Di Mata Kaum Urban.

Wednesday, August 15, 2012

Tradisi Mudik Di Mata Kaum Urban.

Tradisi Mudik Di Mata Kaum Urban.
http://mbahdaur.blogspot.com/
Tradisi Mudik Di Mata Kaum Urban.

Tradisi mudik memang kental dengan kebiasaan penduduk negeri kita Indonesia ini,mulai dari zaman dulu sampai sekarang tradisi mudik ini terus berkembang dan menjadi sorotan dunia dengan segala carut marut,suka duka,bahkan meski nyawa menjadi taruhanya tradisi mudik akan senantiasa eksis dibenak masyarakat Indonesia khususnya para kaum urban yang notabena mencari nafkah jauh dari lingkungan rumah mereka tinggal.

Tidak ada yang salah dengan tradisi mudik ketika lebaran,karena terlalu menggurui bagi mbah daur untuk mengatakan tradisi mudik itu salah,atau tradisi yang keliru,tapi pada episode kali ini mbah daur hanya ingin mengajak rekan rekan mbah daur untuk mengembalikan semangat mudik ini kejalur yang benar dan tidak menjadikan tradisi mudik ini sebuah tradisi yang membawa petaka dan kesia siaan belaka.

Sebelum kita lebih jauh menghakimi efek negative tradisi mudik alangkah lebih baik kita buka kembali ingatan kita tentang apa yang dimaksud dengan tradisi mudik itu sendiri dari kaca mata kita semua sebagai kaum urban alias kaum pendatang.


Mudik adalah suatu kegiatan atau aktifitas untuk berkunjung kembali ketempat asal muasal sebelum seseorang itu melakukan kegiatan merantau dengan maksud untuk mencari nafkah dan pengalaman di daerah yang berbeda dengan daerah asal,dengan kata lain mudik adalah sebuah aktifitas kembali ke desa asal dengan maksud dan tujuan tertentu.

Mengapa mudik hanya popular di Indonesia saja,jawabanya karena hanya di Indonesia sajalah kaum buruh itu mengalami kesempatan libur massal karena bertepatan dengan hari raya idul fitri,sehingga gelombang manusia yang bukan hanya ratusan,ribuan bahkan jutaan bertujuan yang sama yakni pulang kekampung halaman masing masing setelah selama satu atau lebih merantau di kota kota idustri.

Apabila kita mau jujur mengembalikan makna mudik itu sendiri tentu bukan hanya aktifitas pulang kampung massal menjalang lebaran saja disebut mudik,tetapi hari hari biasa pun ketika seseorang yang sudah merantau meninggalkan kampung halamanya dan dating kembali inilah juga disebut mudik,tetapi mudik massal ketika lebaran memberikan kehebohan luar biasa sehingga ketenaran itu menjadi tradisi mudik menjelang lebaran.

Banyak ragam niatan dan tujuan seseorang melakukan aktifitas mudik,mulai acara silaturrahmi,ketemu teman teman lama,lihat kampung halaman db,yang bisa dilihat di ragam niatan mudik,begitu juga aneka macam metode seseorang melakukan tradisi mudik,,mulai dari kendaraan roda dua sampai pesawat terbang,mulai dari yang resiko tingkat tinggi sampai yang resiko tingkat kecil ( baca : pilihan mudik  berkendara ).

Kesimpulanya jelas tradisi mudik sudah menjadi tradisi yang bertahun tahun berkembang dinegara kita ini karena sebagian besar penduduk negeri ini mencari nafkah jauh dari kampung halamanya masing masing dan saat saat kembali ke kampung halamanya inilah disebut mudik alias pulang kampung,dengan berbagai alasan dan tujuan,dengan berbagai jenis kendaraan guna mencapai tujuan mudik semua adalah khazanah khas Indonesia tentang tradisi mudik.
bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.