Home » » Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia.
http://mbahdaur.blogspot.com/
Pemanfaatan Tehnologi Digital Untuk Indonesia.

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang pemanfaatan teknologi digital alangkah lebih baiknya kita semua sebagai warga Negara Indonesia dan masyarakat dunia mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang apa pengertian tehnologi itu sendiri dan lebih khususnya teknologi digital.

Teknologi adalah sebuah ilmu atau pengetahuan yang terjadi dikalangan masyarakat yang memanfaatkan suatu alat,sarana dan prasarana tertentu sehingga dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya dan manfaatnya dapat diterima masyarakat umum sebagai suatu keberhasilan,baik untuk generasi sekarang maupun generasi mendatang.

teknologi pada mulanya berkembang sangat sederhana dan masih tergantung dengan tenaga manusia,sehingga apabila tidak ada manusia yang menggeraknya maka suatu teknologi tersebut akan berhenti inilah yang disebut dengan tehnologi manual atau istilahnya tehnologi analog,tapi teknologi ini pun sudah lebih baik dari teknologi sebelumnya.

Apabila teknologi analog hanya mengandalkan tenaga manusia sebagai operator berbeda dengan teknologi digital,pada masa atau era teknologi digital penggunaan tenaga manusia sebagai operator sedikit demi sedikit dikurangi atau bahkan dihilangkan tergantikan dengan sebuah system yang dioperasikan menggunakan sebuah perangkat digital yang bernama computer,inilah pengertian singkat mengenai teknologi digital yang semakin berkembang akhir akhir ini.

Pemanfaatan teknologi digital bukan hanya berlaku di Indonesia tetapi seluruh dunia,bukan hanya disalah satu bidang tertentu saja melainkan seluruh aspek dan sendi sendi kehidupan masyarakat yang selalu ingin serba cepat,ringkas,tidak bertele tele dan tentunya tingkat akurasi yang dapat dipertanggung jawabkan inlah salah satu alasan mengapa manusia selalu mengandalkan pemanfaatan teknologi digital.


Beberapa contoh pemanfaatan teknologi digital yang sering saya jumpai di kalangan masyarakat adalah sebagai berikut :

  • Televisi yang dulunya hanya beberapa stasion penyiaran sekarang sudah puluhan bahkan ratusan baik dari dalam negeri maupun manca Negara.
  • Radio,zaman dulu bentuk radio masih sangat sederhana dan cenderung tidak simple apalgi ditambah dengan minimnya jumlah frekuensi acara yang disiarkan serta daya jangkau siaran yang masih terbatas.
  • Telepon,pada awalnya manusia menjalin komunikasi menggunakan kurir,lalu berkembang menggunakan surat/pos,kemudian ditemukanya telepon dan sekarang kita dengan mudah dapat berkomunikasi setelah berkembangnya tehnologi digital dalam bentuk handphone ( HP ).
  • Internet,dulu siapa yang pernah menyangka akan semudah sekarang mendapatkan informasi dari belahan Negara manapun hanya dari rumah kita,mendapatkan informasi tentang ilmu pengetahuan,segala hal hanya menggunakan sebuah jaringan digital yang bernama internet.
  • Industry,pada zaman dulu sebuah perusahaan banyak sekali menggunakan tenaga manusia untuk melakukan pekerjaan pekerjaan produksi,tetapi sekarang sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan system kerja mesin yang di operasiak oleh computer,misalnya CNC,Bubut,bahkan mengoperasikan mesin mesin yang beratnya puluhan ton.
Dari beberapa temuan pemanfaatan teknologi digital yang ada dikalangan masyarakat tersebut diatas yang paling saya rasakan dan cermati adalah pemanfaatan teknologi digital pada sektor industry,pada tahun tahun pertama saya bekerja diperusahaan yang memproduksi moulding atau cetakan,pada awalnya saya lihat dan rasakan setiap pengerjaan selalu menggunakan tenaga manual sehingga membutuhkan lebih banyak tenaga kerja / karyawan.

Selanjutnya didatangkanlah sebuah mesin yang dapat beroperasi dengan dikendalikan menggunakan computer,mesin inilah yang kondang disebut mesin CNC,selain dapat bekerja lebih cepat dan akurat tentu karena hanya menggunakan satu/dua orang operator saja,teknologi ini menjadi pilihan bagi pemilik perusahaan yang imbasnya satu persatu sahabat pergi dan tak pernah kembali..hah kayak lagunya bang iwan fals aja tergantikan oleh mesin berotak lebih canggih dari manusia tersebut,Kenyataanya kini diperusahaan saya karyawan yang bekerja disana tinggal beberapa gelintir yang dapat di hitung denga dua jari tangan,inilah salah satu dampak negatif  dari era pemanfaatan teknologi digital saat ini.

Kesimpulanya adalah,teknologi itu ada dan akan selalu ada selama manusia hidup di dunia ini,berkembang seiring kebutuhan dan kemajuan berpikir manusia,sehingga segala sesuatu yang dahulunya dirasa sulit bahkan mustahil terjadi kini semuanya dapat terlaksana berkat adanya teknologi,terlebih dengan pemanfaatan teknologi digital semua aspek kehidupan serasa jauh lebih indah dan mudah untuk diakses tetapi dari kesemua manfaat itu pasti ada dampak negatif yang kita mesti sadarai dan pahami.






Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 16.33

2 komentar:

  1. salam hangat dan sukses selalu.. :)

    BalasHapus
  2. Selamat mengikuti lomba.
    salam kenal.
    ditunggu ya kunjungan baliknya , ,
    Makasih ^.^

    BalasHapus

info lainya