Air Laut dan Garam. - Mbah Daur -->

Air Laut dan Garam.

Thursday, May 17, 2012

Air Laut dan Garam.

Kenapa Air Laut Rasanya Asin.

Air Laut rasanya asin padahal sama sama air,sam dengan air sungai,air hujan,air rawa dsb,tapi kenapa cuma air laut yang rasanya asin seperti air larutan garam,apakah ada garamnya ditengah tengah laut itu.banyak sekali pertanyaan yang menyelimuti rasa penasaran mbah daur ketika masih kecil dulu dan mungkin juga rekan rekan mbah daur semua kala itu.

Air laut asin, berasal dari daratan itu sendiri. Kenapa ? Karena air danau yang membawa garam-garam mineral yang berasal dari penguapan air laut itu sendiri. Jadi, lebih terperincinya begini. Air yang diuapkan dari laut akan membentuk awan. Lalu, pada saat itu terjadilah hujan. Nah... pada saat terjadinya penyerapan oleh tanah itu di keluarkan lagi menuju ke danau dengan membawa garam-garam mineral yang berhasil di bawa dari tanah tadi yang banyak menyerap garam-garam mineral. 

Pada saat penguapan air laut, yang diuapkan hanyalah H20(air)nya saja sehingga garam-garam mineral yang tadi tidak dibawa oleh uap air tadi tidak ikut terbawa. Lalu mengapa air di laut lebih asin dari air di darat ? Begini, seperti yang kita ketahui permukaan laut di dunia ini lebih besar dari daratan sehingga laut lebih banyak menerima pasokan air dari daratan di seluruh penjuru. Itulah sebab mengapa air laut berasa asin.

Nah makanya air laut ini ketika di endapkan akan menjadi butiran butiran garam yang pada akhirnya kita manfaatkan untuk bumbu dapur,dsb pengen tahu proses pembuatan garam dari air laut..? 

bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.