Home » » Tips memilih baju koko.

Tips memilih baju koko.

Tips memilih baju koko.

Rekan mbah daur semua,sebelum kita membahas tips memilih baju muslim ( koko ) saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah ramadhan 1438H bagi kaum muslimin yang menunaikanya.

Ada beberapa persiapan dalam menghadapai bulan suci ramadhan dan juga hari raya idhul fitri,salah satunya adalah pemilihan pakaian muslim,misalnya sarung,baju gamis atau koko,nah kali ini mbah daur ingin coba berbagi tips dan trik memilih baju koko agar kenyamanan dan kekhusyu’an ketika dipakai ibadah tidak terganggu.

Tips dan trik memilih baju koko.

Mbah Daur
Tips memilih baju koko.

  • Pilihlah bahan baju koko muslim yang berasal dari katun, terutama jika ingin sering digunakan untuk seharian, agar nyaman dipakai. 
  • Akan lebih baik memilih baju koko yang sesuai dengan karakter anda, misalnya dari segi warna, sesuaikan dengan warna kesukaan anda, supaya lebih sinkron yaitu menyesuaikan dengan warna kulit. 
  • Selanjutnya dari segi jahitan, pilihlah baju koko yang tidak berkerut, panjang tangan atau lengannya pas, lingkar lubang lengannya tidak jatuh ke bawah. Kerahnya jika dikancing akan tetap longgar dan tidak ketarik ke bawah.
  • Perhatikan jahitan baju yang rapih dan nyaman untuk dipakai.Dari segi bordiran baju, usahakan sesuai dengan karakter diri anda, misal untuk anak muda pilih yang warna bordirannya tidak mencolok, seperti warna emas atau hitam.
  • Jangan memilih baju koko yang terlalu banyak bordirannya, karena baju terkesan ramai. Bagi orang tua pilih baju koko yang bordirannya agak gelap.
  • Jika hanya digunakan untuk ibadah sholat sebaiknya gunakan baju koko muslim berwarna putih dan tidak bermotif atau berwarna polos namun tetap yang soft. Karena jika terlalu mencolok akan berpengaruh pada konsentrasi orang lain yang beribadah di samping atau belakang kita.
  • Namun jika digunakan untuk bepergian seperti undangan hajatan atau pengajian, dalam hal ini kita bebas memilih motif atau warna sesuai keinginan kita tetapi diharapkan pilih yang elegan.
  • Pilih Ukuran Baju Koko Yang Pas,Tentu saja  pakaian model  apa  pun sangat penting untuk mengenakan  yang ukurannya pas di tubuh. Selain nyaman dipakai, juga membuat  enak dilihat. Meskipun anda pria, hindari mengenakan  baju koko yang sempit atau kekecilan atau transparan agar tidak risih dilihat. 
  • Pilih Warna Yang Sesuai,Pilihan yang sesuai untuk baju koko adalah warna putih yang cocok dikenakan saat beribadah.  Namun pakaian warna  putih mudah terlihat kotor dan cepat terlihat  kusam dibanding warna lainnya, Ada pilihan warna lainnya yang bisa anda  kenakan untuk baju koko bila saat menghadiri suatu acara. Warna yang sesuai adalah warna-warna yang netral. Warna ini akan memberikan kesan maskulin pada pemakai dan juga akan membuat anda tidak terkesan ketinggalan jaman. Hindari menggunakan baju muslim dengan warna mencolok dikhawatirkan akan menimbulkan kesan norak pada penampilan. Hindari pula model busana muslim pria dengan motif berlebihan. 
  • Pilih Motif Yang Simple,Pemilihan motif yang beragam sangat berpengaruh, Anda dapat memilih baju koko dengan menambahkan aplikasi di bagian dada, seperti motif bordir, garis-garis dan kotak-kotak. Sentuhan yang tidak kalah menarik pun dapat ditemukan dengan menerapkan potongan-potongan kain batik dalam baju koko Anda.
  • Pilih Peci Yang senada dengan baju koko,Rasanya tidak lengkap kalau  mengenakan baju koko  tanpa  memakai peci atau kopiah yang sesuai.  Bila anda akan memakainya saat beribadah, pilihlah  model  yang pas di kepala,  namun tidak  menghalangi  kening anda saat bersujud waktu shalat.  Ada banyak model peci atau kopiah yang  bisa dipakai. Selain warna  hitam yang sudah umum dipakai, ada  banyak model peci atau  kopiah  dengan corak  beragam  yang  keren. Pilihlah warna dan corak peci  yang senada dengan warna baju koko yang anda pakai.
  • Sesuaikan Dengan Situasi Anda,Pastikan anda memilih baju muslim sesuai dengan situasi anda ingin menggunakannya. Jika anda memilih baju muslim untuk keperluan sehari-hari, pilihlah baju dengan penggunaan bahan yang ringan seperti katun ataupun kaos. Baju muslim yang berbahan katun akan membuat tubuh kita nyaman dan tidak panas ketika kita memakainya juga dapat menyerap keringat. Untuk baju muslim yang akan dikenakan untuk menghadiri suatu acara, anda dapat memilih baju muslim dengan bahan dasar satin, ataupun taffeta. Pilihlah baju muslim yang bermodel kerah shanghai dan untuk dalam ruangan ber-AC pilih baju muslim yang agak tebal dan hangat, sehingga kamu tidak kedinginan.
  • Tidak Dipadukan dengan jeans,Hindari kombinasi baju muslim dengan celana jeans, celana jeans memang merupakan celana yang bisa digunakan dalam situasi apapun baik disaat santai maupun situasi formal. Namun, disaat Anda menggunakan pakaian muslim ada baiknya anda tidak mengkombinasikan dengan celana jenis ini. Rasanya akan sangat janggal ketika anda menggunakannya. Akan lebih baik jika baju muslim pria ini distelkan dengan celana bahan kain dan akan terlihat modis.
  • Tampil syar’i,Tips memilih baju koko pria terakhir adalah syar’i. Pastikan baju muslim yang anda pilih sesuai dengan aturan Islam, tidak ketat, tidak transparan, dan pastinya menutup aurat. Usahakan agar anda mempertimbangkan ketiga aspek ini setiap kali memilih busana muslim. Jangan sampai anda mengikuti tren namun tidak memperhatikan ketiga aspek dasar ini.
  •  
Demikianlah Tips dan trik yang pernah saya baca dari berbagai sumber dan sudah saya padukan dengan pengalaman yang pernah saya rasakan,semoga bermanfaat,
Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 00.07

1 komentar:

  1. Thanks for sharing. Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat baju koko model terbaru tanpa harus mengikuti kursus jahit?. Anda bisa memanfaatkan pola baju koko siap pakai dari Fitinline.

    BalasHapus

info lainya