Home » » Bahaya Minum Air Putih Bagi BALITA.

Bahaya Minum Air Putih Bagi BALITA.


Bahaya Minum Air Putih Bagi BALITA.
http://mbahdaur.blogspot.com/
Bahaya Minum Air Putih Bagi BALITA.

Setiap mahluk hidup memerlukan air,bahkan tumbuhan sekalipun membutuhkan adanya air,apalagi manusia yang hampir sebagian besar organ tubuhnya mengandung unsur air.

Air yang memiliki rumus kimia H2O tentu vital keberadaanya bagi kehidupan manusia baik manusia dewasa dan juga manusia baru lahir yang sering kita sebut bayi atau balita,setiap manusia memiliki perbedaan kebutuhan dalam hal asupan air kedalam tubuhnya ini tergantung tingkat umur dan juga berat badan manusia tersebut.

Kendati merupakan minuman wajib bagi orang dewasa, air putih ternyata bisa berbahaya bagi bayi. Jika Anda memiliki bayi di bawah usia enam bulan berhati-hatilah. 


Pasalnya, air minum dapat menyebabkan intoksikasi atau keracunan.
"Biarpun usianya masih sangat belia, bayi telah mempunyai refleks haus secara utuh atau keinginan untuk minum," kata Dr Jennifer Anders dari Pusat Anak-anak John Hopkins, Baltimore. Yang benar adalah memberikan ASI atau susu formula ketika mereka haus.

Menurut Anders, ginjal bayi di bawah enam bulan belum siap. Sehingga jika terlalu banyak menerima air, secara otomatis akan melepaskan sodium bersama kelebihan air itu.

Sementara kehilangan sodium dapat mempengaruhi aktifitas otak. Hal ini juga merupakan gejala keracunan air, yaitu lekas marah, kantuk, dan masalah kejiwaan lainya.

Adapun gejala lainnya adalah suhu tubuh rendah, muka bengkak atau membesar, dan kejang-kejang. Seringkali beberapa gejala awal itu tak kentara, maka kejang-kejang bisa jadi petunjuk pertama untuk para orang tua. 
Segera larikan anak ke rumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis sehingga dampak kejang-kejang tidak akan permanen.

Anders juga menganjurkan, selain air putih, ada baiknya jika para orangtua menghindari pemakaian susu formula yang terlalu cair atau minuman kesehatan anak-anak yang mengandung elektrolit.

Namun demikian, dalam beberapa kasus pemeberian sedikit air juga diperlukan kepada bayi yang lebih tua. Misalnya untuk sembelit atau cuaca panas.

Tetap saja, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak. Sebab, lanjut Anders, ada takaran untuk memberikan air putih, mungkin hanya sekitar satu sendok makan saja. 


Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 19.42

0 komentar:

Posting Komentar

info lainya