Memaknai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. - Mbah Daur -->

Memaknai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Wednesday, January 23, 2013

Memaknai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.


Memaknai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bulan ini adalah bulan Robiul Awal. Bulan kelahiran nabi besar Muhammad SAW. Pada bulan ini pula Rasulullah wafat. Sebagaimana kita pahami semua bahwa pada tanggal 12 Robiul Awal nabi kita Muhammad SAW lahir ke dunia.

Pada bulan Robiul Awal ini kita biasa memperingati Maulid nabi besar Muhammad SAW. Peringatan kelahiran beliau yang setiap tahun kita rayakan ini menunjukkan betapa cinta kita kepada beliau. Karena beliau lah dunia berubah dari jaman jahiliyah menuju pada jaman berperadaban. Atas jasa beliau pula kita mengenal Allah SWT. Maka sudah sewajarnya kita memperingati kelahirannya sebagai wujud kecintaan kita kepada beliau.

Lebih dari sekedar memperingati setahun sekali, barang kali Rasulullah SAW tentu akan lebih senang apabila kita umatnya sekarang ini mampu mengamalkan ajaran dan tuntunannya. Jadi bukan sekedar seremonial peringatan yang kita besar-besarkan, tetapi harus pula kita barengi dengan semangat  melaksanakan apa yang telah diajarkan oleh beliau dalam kehidupan kita sehari-hari.

Rasulullah mungkin akan merasa miris jika melihat kehidupan umat saat ini, di satu sisi Beliau mungkin akan senang ketika melihat umat yang sepertinya begitu mencintainya dengan memperingati hari kelahirannya. Akan tetapi disisi lain beliau mungkin akan bersedih jika melihat peringatan Maulid Nabi yang memakan biaya tidak sedikit akan tetapi hanya sekedar seremonial dan kurang bermakna, karena disisi lain Beliau akan melihat banyak umatnya yang masih kelaparan disaat ‘pesta’ kelahirannya, ditempat lain beliau juga akan melihat sekelompok orang yang mengatasnamakan Islam akan tetapi bersifat anarkis dan berani membunuh sesama hanya karena masalah tertentu atau sekelompok orang yang mengaku Islam akan tetapi memiliki Rasul lain selain Muhammad SAW padahal kelompok orang tesebut juga memperingati hari kelahiran Rasul. Atau di kesempatan lain beliau mungkin akan bersedih, disaat banyak umatnya yang lebih bersemangat merayakan Valentine dibandingkan memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW, atau ketika melihat sekelompok orang yang mengaku sebagai pengikutnya akan tetapi tidak merasa bersalah ketika melakukan korupsi.


Memang tidak mudah di jaman yang semakin gila saat ini. Orang yang berusaha mengamalkan ajaran Rasulullah SAW dianggapnya orang aneh. Tidak modern alias ketinggalan jaman. Disangka orang yang ekstrim dan lain-lain tuduhan orang yang tidak senang atas kejayaan umat Islam. Hal ini rasanya pernah disinggung oleh Rasulullah, bahwa di akhir jaman nanti mengamalkan agama Islam itu ibarat memegang bara api. Selain itu ada pula hadist yang kurang lebih mengatakan, bahwa di akhir jaman nanti Islam hanya tinggal sebuah nama dan Al Qur'an hanya tinggal sebuah tulisan saja. Ini jelas menunjukkan bahwa orang Islam akan semakin jauh dan asing dengan ajaran Rasulullah SAW. Na'udzubillahimindzalik.

Oleh karenanya saudaraku seiman seagama, mari dengan semangat memperingati maulid nabi Muhammad SAW ini kita barengi juga dengan semangat untuk mengamalkan ajaran dan tuntunannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Kalau tidak bisa 100% ya minimal kita berusaha semampu kita. Insya Allah dengan niat yang tulus dan memohon ridho dari Allah SWT, kita akan mampu mengamalkannya.

Semoga salawat dan salam selalu tercurah atas junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta kerabat keluarganya, para sahabat dan umatnya hingga akhir jaman. Amin ya Robal'alamin.
bm

Terkadang informasi yang bermanfaat tidak mengenal waktu kapan di baca dan siapa yang membacanya,terlebih berita dan informasi daur ulang.