Home » » Ciri Ciri Madu Asli.

Ciri Ciri Madu Asli.

Ciri Ciri Madu Asli.

Ini sebuah tip dan trik yang tentu banyak dari rekan rekan mbah daur yang sudah mengetahui dan memahaminya yakni tentang madu asli,mengapa mbah daur ingin sekali mengangkat tulisan tentang ciri ciri madu yang asli tentu ada alasan dan kegunaanya mengenai madu asli itu sendiri.

Madu asli yang berasal dari tawon / lebah memang sangat banyak sekali manfaat dan kegunaanya,tetapi pada kali ini mbah daur bukan untuk menceritakan kegunaan dan manfaat dari madu asli,karena ini sudah pernah mbah daur ceritakan sebelumnya dalam episode,madu asli beribu manfaat,tetapi pada kesempatan kali ini mbah daur hanya ingin bercerita tentang ciri ciri madu yang asli.


Pada masa sekarang ini banyak sekali barang barang imitasi alias aspal ( asli tapi palsu ),begitu juga dengan madu tak luput dari amukan era imitasi itu sendiri,ini bisa dibuktikan dengan banyaknya produsen produsen yang memproduksi madu buatan yang tidak asli dari lebah tetapi sudah dicampuri dengan bahan bahan kimi yang sudah barang tentu sangat berbahay bagi kesehatan manusia.

Banyaknya peredaran madu aspal inilah yang mengetuk hati mbah daur untuk menceritakan ciri ciri madu asli,dalih dalih ingin mendapatkan manfaat dan faedah dari mengkonsumsi madu,bukanya manfaat yang didapatkan malah menjadi kualat karena ternyata yang dikonsumsi madu palsu yang sudah tercampur dengan bahan bahan kimia berbahaya,mengerikan bukan..?

Baiklah berikut ciri ciri dari madu asli yang pernah mbah daur dengar dan rasakan langsung :
  1. gula invert (glukosa dan fruktosa)
  2. Lebah dapat mengubah sukrosa menjadi gula invert (glukosa dan fruktosa) dengan bantuan enzim invertase
  3.  Air
  4. Karbohidrat
  5. Minyak atsiri
  6. Pigmen, jaringan tumbuhan
  7. Tepung sari (ciri dari tumbuhan dan jenis bunga yang dihisap)
itu adalah ciri ciri madu asli secara kimia,sementara ciri ciri madu asli adalah kebalikan dari madu palsu yang dapat dilihat dan dibuktikan dengan kasat mata sbb:

  • Madu dikerumuni semut, karena madu tersebut mengandung sukrosa, sedangkan madu asli sukrosanya sudah dipecah menjadi glukosa dan fruktosa
  • Jika disimpan diatas kertas koran, makin cepat mengembang ini menunjukkan kadar airnya tinggi
  • Lakukan pengocokan, diamkan, jika menghasilkan banyak busa, menunjukkan mutu yang rendah
  • Celupkan batang korek api ke dalam madu, jika korek api dapat menyala dalam tenggang waktu yang cepat, tetapi tidak dapat menyala jika tenggang waktunya lama (± 1 jam).

Setelah mengetahui ciri ciri madu asli dan ciri ciri madu asli seperti diatas,mbah daur berharap rekan rekan mbah daur lebih selektif dan lebih cermat ketika akan membeli dan mengkonsumsi madu,pastikan madu yang dibeli asli jangan tergiur dengan harga yang murah,dan iming iming salesnya saja,sehingga tujuan kita untuk mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi madu menjadi sebuah manfaat dan kegunaan. amiiin


Mbah Daur Mbah Daur Updated at : 12:30 AM

1 comments:

  1. Sering kali kita sulit untuk membedakan madu asli dan palsu karena sekarang ini banyak sekali madu yang sudah di kemas sedemikian rupa, sehingga terkesan bahwa itu adalah madu asli di tambah lagi dengan polesan yang cukup menarik, promo yang luar biasa.

    ReplyDelete